Ilustrasi flu singapura. (Foto: istimewa)

Flu Singapura Serang Warga Medan, Waspadai Gejalanya

Nusantara 09 July 2019 16:25 WIB

Sejumlah warga Kota Medan, Sumatera Utara mengeluhkan terjangkit penyakit kaki, tangan dan mulut atau penyakit flu singapura. Saat ini, beberapa dari mereka masih mendapatkan perawatan di rumah sakit namun ada juga yang dirawat di rumah.

Firdaus, 33 tahun, warga Medan Johor, Selasa 9 Juli 2019 mengatakan, dua anaknya pada dua pekan lalu terjangkit flu singapura. "Anak saudara di Medan Tembung juga terjangkit penyakit yang sama. Awalnya disangka flu biasa, ternyata flu singapura," kata Firdaus.

Hal yang sama diungkapkan Yoyo Romli, 38 tahun, warga Medan Johor. Menurut dia, satu anaknya hingga saat ini masih menderita flu singapura.

Sementara itu, Budi Sugianto, warga Medan Tuntungan juga mengatakan anak dan dua keponakannya terserang flu singapura setelah tertular saat berenang di sebuah kolam.

Menurut dia, flu singapura yang menjangkiti anak dan keponakannya berupa panas tinggi disertai bintik-bintik merah di telapak tangan, dan telapak kaki. "Mulutnya juga muncul bintik merah. Kata dokter flu singapura," kata dia.

Sementara itu, meski beberapa warga mengeluh adanya serangan flu singapura, Dinas Kesehatan Kota Medan mengaku belum menerima laporan.

"Nanti kalau ada laporan akan segera kami telusuri untuk mencari solusi penanganan," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Medan, Mutia Nimpar.

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

02 Apr 2020 14:47 WIB

Lahan 14 Hektar Khusus untuk Pemakaman Jenazah Corona di Medan

Nusantara

Pemkot Medan sediakan lahan 14 hektar untuk pemakaman khusus korban corona.

31 Mar 2020 19:34 WIB

Khofifah Minta Dinkes Cepat Lakukan Rapid Test Covid-19

Jawa Timur

Rapid test yang dibagikan akan digunakan untuk tes secara massal.

31 Mar 2020 11:34 WIB

Dinkes Kota Surabaya Gelar Rapid Test untuk Paramedis Puskesmas

Surabaya

Rapid test hanya terbatas untuk paramedis dan pasien dalam pemeriksaan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.