Proses pembagian daging kurban dengan konsep drive thru di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur (Foto: Lalu Theo/ngopibareng.id)

Distribusi Daging Kurban Minim Kontak Ala FK Brawijaya Malang

Pojok Unibraw 01 August 2020 15:15 WIB

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, mendistribusikan daging kurban menggunakan konsep drive thru yang berlokasi di Halaman Gedung Pendidikan FK UB.

Dekan FK UB, dokter Wisnu Barlianto menuturkan, penerapan konsep drive thru ini bertujuan untuk meminimalisir kontak antar orang. "Drive thru itu pada dasarnya untuk meminimalisir kontak agar bisa menerapkan physical distancing," ujarnya pada Sabtu 1 Agustus 2020.

Panitia kurban dari FK UB juga menerapkan sistem scan barcode untuk penerima daging kurban. Penerima yang sudah didata oleh panitia, tinggal menyerahkan scan barcode, setelah itu dapat mengambil daging kurban. "Jadi kami sudah siapkan ada barcodenya tinggal scan, ambil daging kurban, setelah itu langsung meninggalkan tempat," terang Wisnu.

FK UB pada Hari Raya Idul Adha ini menyembelih sebanyak empat sapi dan sembilan kambing. Dari penyembelihan tersebut, total ada 552 paket daging kurban yang siap untuk didistribusikan. "Kami bagikan kepada civitas akademika yang ada di lingkungan FK UB, bagi yang tenaga honorer, maupun yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan 1 dan 2. Lalu ada juga cleaning service dan warga sekitar," kata Wisnu.

Ia menerangkan panitia kurban FK UB juga sudah memeriksa kondisi fisik dari hewan kurban. Dari hasil pemeriksaan, Wisnu mengatakan semua hewan kurban dalam kondisi sehat dan aman untuk dikonsumsi. "Hewannya sudah kami periksa sehat semua tidak ada yang sakit," ujarnya.

Meski dalam masa pandemi Covid-19, Wisnu menyatakan FK UB tetap menyelenggarakan pemotongan hewan kurban dengan menerapkan protokol kesehatan.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Oct 2020 08:14 WIB

Debat Kepribadian

Dahlan Iskan

Pilpres AS memasuki masa debat calon pilpres. Siapa yang menang?

01 Oct 2020 07:45 WIB

Lapierre Aircode DRS, Upgrade Sepeda Aero Jadi Nyaman dan Laju

Gowes Bareng

Lapierre tidak hanya membuat sepeda lebih aerodinamis, geometri frame juga membuat posisi cyclist jadi lebih aero.

01 Oct 2020 07:36 WIB

Mendadak, Nasrudin Hoja Tak Dikenal

Humor Sufi

Humor sufi mengasah kepekaan diri

Terbaru

Lihat semua
01 Oct 2020 08:14 WIB

Debat Kepribadian

Dahlan Iskan
Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...