Wakil Ketua KPK Saut Situmorang memberikan keterangan kepada wartawan di gedung KPK, Jakarta, Selasa 23 April 2019. (Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso)

Firli Terpilih, Pejabat KPK Lain Pilih Mengundurkan Diri

Nasional 13 September 2019 09:44 WIB

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mundur sebagai pimpinan KPK 2015-2019 setelah DPR memilih Firli Bahuri, capim KPK yang disebut melakukan pelanggaran etik berat, sebagai ketua lembaga antirasuah periode 2019-2023.

Hal itu diungkapkannya melalui surat elektronik yang dikirimkan ke seluruh pegawai KPK, Jumat 13 September.

"Saudara-saudara yang terkasih dalam nama Tuhan yang mengasihi kita semua, izinkan saya bersama ini menyampaikan beberapa hal sehubungan dengan pengunduran diri saya sebagai Pimpinan KPK-terhitung mulai Senin 16 September 2019," kata Saut.

Dalam email tersebut, Saut mengatakan masih ada dua kegiatan lagi sebelum mengundurkan diri, yakni acara di Yogyakarta pada Sabtu-Minggu, 14-15 September 2019, bertajuk Jelajah Dongeng anti korupsi.

Dia pun menyampaikan ucapan perpisahannya kepada sejumlah pihak di KPK. Di antaranya, Sekjen KPK, tim Pinda, Korsepim, Koordinator Wilayah, dan para pegawai KPK lainnya.

"Setelah hampir 4 tahun kurang beberapa bulan kita bersama sama. Saya tahu beberapa di antara teman-teman pasti pernah sebel bingit sama saya karena style saya," selorohnya.

Saut pun menitipkan pesan bagi Wadah pegawai (WP) KPK agar tetap berjuang di komisi antirasuah, terutama dalam mengawal kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan.

Diketahui, Saut pernah menghibahkan sepeda miliknya untuk sayembara pengungkapan kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior itu.

"Buat mas Yudi (Ketua Wadah Pegawai, tetaplah Konsisten bro, antum masih komandan). Kunci Sepeda yang saya sumbangkan untuk Doa dan Momentos/Harapan kita agar siapa pelaku kejahatan atas Novel bisa ditemukan, saya titipkan di Mbak Arien (with thanks)," tulisnya.

Tak ketinggalan, ia menyampaikan salamnya untuk sang isteri, Liesdiana Brahmana, dan "My princes Melissa", serta putranya Michael Ong/Cyndi.

"Tuhan memberkati kita semua. Amin, salam. SS," Saut menutup pesannya.

Diketahui, Saut Situmorang sempat menggelar konferensi pers mengungkapkan pelanggaran etik berat yang dilakukan oleh Firli Bahuri, capim KPK dari Polri.

Saut sendiri tidak menjelaskan rinci alasan di balik keputusannya untuk mundur dalam surat tersebut.

Penulis : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Apr 2020 11:56 WIB

Ketua KPK Bilang Kerja Tanpa Koar-Koar, ICW Tanya Koar-koar Apa?

Nasional

ICW kritik Ketua KPK Firli Bahuri yang menyebut Kpk Kerja tidak koar-koar.

03 Apr 2020 09:04 WIB

Rawan Penyimpangan, KPK Kawal Anggaran Rp405 T Darurat Corona

Nasional

Peluang penyimpangan pada pengadaan barang

21 Feb 2020 20:24 WIB

KPK: Penghentian Perkara di Tingkat Penyelidikan Itu Biasa

Korupsi

Era Pimpinan KPK Jilid V ada 100 lebih perkara dihentikan

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...