Sekretaris PSSI Jatim, Amir Burhanuddin. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)

Final Piala Gubernur Jatim Digelar di GOR Delta Sidoarjo

Liga Indonesia 19 February 2020 12:28 WIB

Asosiasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Provinsi Jawa Timur menetapkan, laga final Piala Gubernur Jawa Timur 2020, antara Persebaya Surabaya melawan Persija Jakarta digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Sekretaris PSSI Jatim, Amir Burhanuddin menjelaskan, pemindahan ini dilakukan karena kondisi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) yang menjadi home base Persebaya dalam masa renovasi.

"Stadion GBT tidak bisa dipakai karena FOP (Field of Play), lapangannya masih dalam perawatan sehingga harus dipindah. Dengan cepat kita langsung koordinasi dengan stadion terdekat, yakni Stadion Gelora Delta," jelas Amir usai rapat koordinasi pengamanan (Rakorpam) laga final Piala Gubernur Jatim di Gedung Polda Jatim, Surabaya, Rabu 19 Februari 2020.

Pihak pengelola GOR Delta Sidoarjo mengatakan stadion kosong dan siap dipakai pertandingan. 

Terkait ada suara sumbang karena Persebaya pemilik hak menggelar pertandingan digeser ke stadion lain, Amir mengatakan, keputusan ini murni karena kondisi.

"Ini tidak mengurangi kesepakatan kita di Rakorpam pertama, Minggu 16 Februari 2020, bahwa pemenang antara Persebaya melawan Arema akan ditetapkan sebagai tuan rumah. Namun, karena kondisi stadion yang tidak memungkinkan maka terpaksa harus dipindahkan," papar Amir.

Pemilihan Stadion Gelora Delta bukan tanpa alasan, faktor kondisi lapangan yang baik didukung fasilitas penunjang yang layak membuat tim memilih home base Deltras Sidoarjo itu.

Tak hanya memindahkan venue saja, berdasar berbagai pertimbangan dengan berbagai pihak jadwal pertandingan juga dirubah.

"Ada perubahan jam tayang semula akan ditayangkan (MNC) pukul 19.30 WIB berdasar berbagai hal, partai final akan kita laksanakan pada 15.30 WIB. Semua pergerakan dan persiapan panpel sudah kita lakukan mulai jam ditetapkan tadi," ungkap Amir lagi.

Dalam pertandingan Kamis besok, Panpel menyatakan terbuka untuk suporter Persebaya. Sementara suporter Persija, Jak Mania, tidak diperkenankan hadir dengan alasan keamanan.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Apr 2020 05:43 WIB

Kaya Semarang, Cingbing dan Kematian yang Sepi

Feature

Drama kematian empat pengusaha kaya di Semarang.

06 Apr 2020 05:19 WIB

Hangout Meet, Bisa 250 Peserta Sekali Meeting Online

Aplikasi

Aplikasi buatan Google ini lagi hipe di masa Work from Home.

06 Apr 2020 04:53 WIB

Mengapa AS Sangat Rentan Covid-19?

Ikhwan Setiawan

Analisis krisis tentang penanganan pandemi Covid-19 di Amerika.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.