Film The Birth of a Nation. (Foto: YouTube)

Film The Birth of a Nation: Aksi Perjuangan Kebebasan Budak

Film 13 August 2020 14:15 WIB

Big Movie GTV akan memutar film perbudakan berjudul The Birth of a Nation pada Kamis, 13 Agustus 2020 pukul 23.00 WIB. Film yang diproduksi tahun 2016 itu disutradarai oleh Nate Parker. Parker juga merangkap menjadi produser, penulis naskah, dan pemeran utama.

Namun sayangnya, film yang diadaptasi dari kisah nyata seorang budak kulit hitam keturunan Amerika dan Afrika bernama Nat Turner ini, hanya meraup pendapatan sejumlah 16 juta dolar Amerika Serikat (AS).

Film ini berlatar belakang pada tahun 1809, di sebuah peternakan di Southampton County, Virginia. Terdapat seorang budak remaja laki-laki bernama Nat Turner. Turner hidup dalam serba kekurangan. Tidak ada cukup makanan untuk dia dan ayahnya, Isaac.

Ketika mengetahui Turner lapar, Isaac menyelinap keluar untuk mencuri makanan. Di jalan, Isaac ditangkap oleh Raymond Cobb. Saat Cobb mencoba untuk mengeksekusinya, Isaac membalikkan keadaan dengan membunuh bawahan Cobb dan melarikan diri.

Isaac kemudian kembali ke rumah, memberi tahu keluarganya apa yang terjadi. Isaac harus segera meninggalkan keluarga, tetapi saat itu Isaac tidak berbicara dengan Turner untuk pamitan. Isaac bersikeras an yakin jika Turner adalah "anak Tuhan" dan suatu saat bisa membawa perubahan.

Setelah ditinggal ayahnya, Turner menyibukkan diri dengan belajar membaca dasar. Pelajarannya berpusat pada Akitab. Lambat laun Turner tumbuh menjadi seorang dewasa, Turner sering berkhotbah dan membaca kitab suci untuk sesama budak di ladang. Turner saat itu jatuh cinta dengan budak perempuan bernama Cherry. Keduanya menikah dan Cherry mengandung seorang putri.

Namun, situasi ekonomi yang menjadi semakin buruk. Banyak pemilik budak khawatir akan adanya pemberontakan. Kondisi mental Turner sendiri semakin hancur setelah tahu Cherry dipukuli dengan kejam dan diduga diperkosa oleh sekelompok pria kulit putih.

Turner semakin bergerilya ingin dibaptis dan menjadikannya sebagai pemimpin khotbah untuk para budak yang lain. Sebagai konsekuensi di akhirnya diberi hukuman cambuk. Turner secara diam-diam menyiapkan strategi pemberontakan dan menyelamatkan banyak orang yang tertindas. Akankah usaha Turner berhasil? Untuk selengkapnya saksikan di GTV.

* Jadwal acara ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan penyiaran stasiun televisi.

Penulis : M. Rizqi

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Sep 2020 11:41 WIB

1.540 WNI di Luar Negeri Positif Covid-19

Nasional

Tambahan kasus baru Covid-19 WNI di luar negeri sebanyak 8 orang.

29 Sep 2020 11:18 WIB

Gwyneth Paltrow Pose Telanjang

Gosip Artis

Gwyneth Paltrow merayakan ulang tahun dengan pose telanjang.

29 Sep 2020 11:06 WIB

Perkenalkan Sejarah Muhammadiyah, Begini Alasan Siti Noorjannah

Khazanah

Jalan menjadi generasi terbaik dengan berakhlak mulia

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...