Siswa SMA Alhikmah yang karya film pendeknya masuk finalis Blog & Vlog Competition yang digelar Net TV dan BI. (Foto Spesial)
Siswa SMA Alhikmah yang karya film pendeknya masuk finalis Blog & Vlog Competition yang digelar Net TV dan BI. (Foto Spesial)

Film Pendeknya Masuk Final, Siswa SMA Alhikmah Bangga Dipuji Ipang Wahid

Ngopibareng.id Pendidikan 04 March 2018 06:00 WIB

Ada yang membanggakan dari para Siswa SMA Alhikmah Surabaya. Karya film pendek mereka berjudul Arti Sebuah Rupiah masuk menjadi finalis Blog & Vlog Competition yang digelar Net TV dan Bank Indonesia. 

Meski belum berhasil menjadi juara, film pendek itu telah berhasil menyisihkan ratusan karya peserta kompetisi dari seluruh penjuru di Indonesia. Ia menjadi 10 besar yang para penciptanya diundang dalam malam anugerah kompetisi di Jakarta. 

''Nggak apa-apa nggak menang. Yang penting dapat pujian dari maestro sutradara film iklan Om Ipang Wahid,'' kata Nizar Mohamad, penata kamera film pendek itu kepada ngopibareng.id, Minggu (4/3) sepulang mengikuti malam penganugerahan di Gedung BI Jakarta, Jumat malam.

Kompetisi Blog & Vlog itu diikuti sekitar 600 peserta dari seluruh Indonesia. Dari ratusan peserta itu hanya 10 yang masuk menjadi finalis. Didampingi gurunya, 6 siswa Alhikmah pembuat film tersebut berkesempatan mengikuti malam anugerah di Jakarta. 

Film pendek berdurasi 5 menit itu sempat mendapat komentar Ipang Wahid, Master Suhu Sutradara Iklan pencipta tagline Indonesia Hebat. ''Menarik banget kontennya. Secara cerita, pendekatannya bagus dan tidak biasa. Mungkin kalau diinject sesuatu yang emosional atau sedikit humor akan membuat gregetnya makin terasa,'' katanya. 

Ipang yang juga pembuat iklan BI ini mengaku suka sekali dengan sinematografi karya anak-anak SMA Alhikmah Surabaya ini. ''Depthnya dapat sekali. cukup kaya secara visual. Kalau mau ditambah adalah visual eksternal yang lebih eksotis. Yang mudah adalah dari visual alam,'' tambah putra pimpinan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang KH Shalahudin Wahid ini.

Secara teknis, ia menyarankan agar menambah nuansa dramatis, baik di lighting maupun camera works. Caranya dengan penambhan gambar-gambar close up yang ekstrem. 

Komentar dan pujian dari Ipang ini langsung memberi semangat para siswa pembuat film pendek itu. Mereka berjanji akan lebih serius lagi belajar membuat karya film yang lebih bagus. ''Sudah siap belajar lagi habis ini,'' tambah Nizar penuh semangat. 

Film yang sudah ditayangkan melalui Youtube sejak 20 Desember 2017 lalu itu sudah ditonton oleh hampir 4 ribu penonton. Juga mendapat komentar positif dari viewer. Umumnya, mereka menilai bahwa film pendek tersebut sangat insipiratif untuk menggunakan rupiah secara bijak. 

Penata Kamera Nizar Mohamad dan penyunting Abimanyu SatrioPenata Kamera Nizar Mohamad dan penyunting Abimanyu Satrio

Dengan menggunakan title The One Production, film Arti Sebuah Rupiah ini diproduseri Clarissa Firyal dan Nur Rachmawati. Keduanya juga menjadi penulis cerita. Sedangkan sutradara oleh Hanifah Dwi dan Athasya Permata, penata kamera Nizar Mohamad, penyunting Abimanyu Satrio, Hanifah Dwi, dan Nizar Mohamad, Sound Designer Nur Rahmawati, pengisi suara Fahriza Rifqi, Tasya Aulia, Clarissa Firyal, Vera Amelia, Khandra Amirah, Mufti Arimurti.

Mereka ini adalah siswa SMA kelas 12. Hanya satu yang baru kelas 11, yakni Nizar Mohamad. (azh)

Penulis : Azhari

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

15 Oct 2020 12:58 WIB

Utang Luar Negeri Indonesia Meningkat Lagi Jadi Rp 5.796 Triliun

Nasional

Menurut Bank Indonesia, Utang Luar Negeri Indonesia jadi Rp 5.796 triliun.

12 Sep 2020 14:15 WIB

NET TV Resmi Siarkan Liga Inggris 2020-2021

Liga Inggris

Laga Crystal Palace Vs Southampton malam nanti di NET TV.

09 Sep 2020 12:30 WIB

Bantu Nakes di Surabaya Raya, BI dan ACT Salurkan Paket APD

Surabaya

Banyak tenaga kesehatan yang menjadi korban

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...