Film Hidden Figures (Foto: Youtube)

Film Hidden Figures, Aksi Perjuangan 3 Wanita Berkulit Hitam

Film 02 August 2020 11:00 WIB

Melansir laman gtv.id, film berjudul Hidden Figures akan diputar di GTV pada Minggu, 2 Agustus 2020 pukul 22.00. Film ini bercerita tentang peristiwa pada tahun 1961. Katherine Johnson bekerja sebagai ahli komputer di divisi West Area Computers dari Langley Research Center di Hampton, Virginia. Dia bekerja bersama rekan-rekannya, calon insinyur Mary Jackson dan penyelia-pengawas tidak resmi mereka Dorothy Vaughan.

Ketiganya adalah perempuan Afrika-Amerika. Pada saat itu terjadi segregasi ras di mana terjadi pemisahan berdasarkan ras dan jenis kelamin. Sementara itu mengetahui keberhasilan peluncuran satelit Uni Soviet Yuri Gagarin, tekanan untuk mengirim astronot Amerika ke luar angkasa meningkat.

Supervisor Vivian Mitchell menugaskan Katherine untuk membantu kelompok tugas luar angkasa Al Harrison. Katherine dipilih lantaran keahliannya dalam geometri analitik. Dia menjadi wanita kulit hitam pertama di tim. Sayangnya rekan-rekan baru Katherine meremehkan dan merendahkannya, terutama kepala insinyur Paul Stafford.

Di sisi lain, Mary ditugaskan ke tim pelindung panas ruang kapsul. Dia mengidentifikasi adanya cacat desain. Bersamaan dengan itu, Mitchell memberi tahu Dorothy dia tidak akan dipromosikan. Penyebabnya tidak ada rencana untuk menetapkan "pengawas permanen untuk kelompok kulit berwarna".

Cerita pun beralih ke Mary. Dia menerima dorongan dari pemimpin timnya, seorang yang selamat dari Holocaust Polandia-Yahudi, untuk melamar posisi insinyur NASA. Ketika dia mengajukan aplikasi, dia diberitahu oleh Mitchell bahwa terlepas dari gelar matematika dan ilmu fisika dia tidak akan pernah menjadi insinyur NASA.

Dia diharuskan mengambil kursus sertifikasi yang ditawarkan di sekolah kulit putih. Katherine sendiri karena suatu acara bertemu dengan Pengawal Nasional Afrika-Amerika Letnan Kolonel Jim Johnson. Namun, Katherine kecewa karena Johnson ragu dan menyepelekan kemampuan matematikanya. Beruntung keahlian Katherine berhasil dilihat oleh Harrison. Dia terkesan akan kelihaiannya dalam memecahkan matematika kompleks.

Harrison menjadi peduli dengan Katherine. Dia pun marah ketika mengetahui Katherine dipaksa berjalan setengah mil (800 meter) ke gedung lain untuk bisa menggunakan fasilitas kamar mandi orang kulit berwarna. Bagaimana dengan Mary dan Dorothy? Untuk selengkapnya saksikan Hidden Figures di GTV.

Penulis : M. Rizqi

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Aug 2020 17:09 WIB

Update Corona Indonesia: Tambah 1.679 Total 113.134 Kasus Positif

Nasional

Kasus positif corona di Indonesia bertambah 1.679 orang.

03 Aug 2020 16:56 WIB

Unggah Foto Seperti Beyonce, Warganet: Adele Kamu Juga Ratu

Musik

Penyanyi Adele meniru penyanyi idolanya dengan unggah foto seperti Beyonce.

03 Aug 2020 16:45 WIB

Viral, Pria Belai Kaki Cewek Saat Lampu Merah

Hiburan

seorang pria grepe kaki perempuan yang diboncengnya

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...