Film 'Bebas' Ajarkan Jadi Diri Sendiri dan Sindiran Sosial

06 Oct 2019 22:19 Film

Riri Riza, Mira Lesmana, Giorgino Abraham, Indy Barends dan Maizura, adalah sutradara, produser dan para pemain film 'Bebas'. Mereka menyapa para pengemarnya di Surabaya dalam acara meet and greet digelar di Royal Plaza, Minggu, 6 Oktober 2019.

Film 'Bebas' merupakan film yang diadaptasi dari film asal Korea Selatan berjudul 'Sunny' yang menjadi  box office pada 2017.

Secara garis besar, Riri Riza, sutradara film mengungkapkan tentang film ini. Film Bebas menceritakan tentang pertemuan sahabat yang sudah terpisah selama 20 tahun lebih.

"Ketika mereka bertemu tentu banyak hal yang terjadi, seperti mengenang kenangan, mengisahkan keharuan, suasana lucu, petualangan dan cinta. Dalam film ini ada dua era yang dimunculkan, era masa SMA ditahun 90-an, dan era saat mereka bertemu ditahun 2019 ini," ujar Riri Riza ditemui usai meet and greet berlangsung.

Menurut Riri Riza, tantangan dari pembuatan film ini ada pada jalan ceritanya. Bukan film Korea yang di-Indonesiakan tapi bagaimana film ini menjadi cerita dari kebanyakan orang di Indonesia.

"Targetnya memang membuat penonton film ini lupa bahwa ini film adaptasi dari Korea. Dan menjadikan ceritannya sebagai potret wajah Indonesia. Bagaimana film ini dikemas menjadi film drama komedi lengkap dengan bahasa-bahasa anak 90-an," terang sutradara AADC ini.

Para pemain  sutradara dan produser film Bebas saat menyapa pengemarnya di Surabaya Foto PitaNgopibarengid
Para pemain, sutradara dan produser film 'Bebas' saat menyapa pengemarnya di Surabaya (Foto: Pita/Ngopibareng.id)

Sementara penulis dan produser film 'Bebas', Mira Lesmana menuturkan, pesan penting dalam film ini adalah ingat untuk teyal menjadi diri sendiri.

"Dalam perjalanan hidup seseorang pasti melewati masa SMA lalu ke dewasa. Saat SMA dia berani punya cita-cita, impian untuk dirinya. Tapi ketika dia dewasa ada beberapa hal yang kadang membuatnya lupa dengan impian tersebut," ucap Mira Lesmana.

Lebih lanjut, Mira mengatakan, apapun yang terjadi jangan melupakan untuk menjadi dirinya sendiri. Harus ingat masa remaja. Sehingga sadar apakah sudah menjadi diri sendiri atau malah melupakannya.

"Untuk remaja, pastikan jangan sampai lupa sama siapa kita. Film Bebas memberikan gambaran itu semua," imbuhnya.

Selain pesan menjadi diri sendiri, menurut Mira Lesmana, ada beberapa isu sosial menarik yang juga diangkat dalam film ini.

"Dalam proses hidup remaja terutama setelah dewasa masih banyak ditemukan hal yang sama, seperti penindasan atau bullying ada isu bullying di film ini yang terjadi pada remaja dan masih terjadi di masa sekarang," sambung Mira.

Film 'Bebas' sendiri sudah tayang sejak 3 Oktober 2019. Yang dibintangi sejumlah artis ternama, seperti Marsha Timothy, Indi Barends, Baim Wong, Widi Mulya dan beberapa artis lainnya.

Penulis : Pita Sari
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini