Filipo Ganna berhasil  menyumbangkan juara ITT pertama untuk Italia. (Foto: Istimewa)
Filipo Ganna berhasil menyumbangkan juara ITT pertama untuk Italia. (Foto: Istimewa)

Filippo Ganna Sumbang Emas untuk Italia Setelah Paceklik 12 Tahun

Ngopibareng.id Gowes Bareng 26 September 2020 17:12 WIB

Filippo Ganna berhasil menjadi juara dunia time trial di UCI Road World  Championship 2020 di Imola, Italia. Dia memang sudah dijagokan sejak awal dalam menaklukkan ITT dengan kondisi berangin ini.

Ini merupakan kebanggaan Italia karena Ganna mewakili negara Italia, memenangkan gelar ini di Italia. Mengendarai sepeda time trial merek Italia, Pinarello Bolide.

Ganna berhasil menyelesaikan trek sepanjang 31,7 km itu dalam waktu 35 menit 54 detik. Wout van Aert (Belgia) menjadi juara dua dengan waktu 26 detik lebih lambat. Sedangkan Stefan Kung (Swiss) 29 detik lebih lambat dari Ganna. Sehingga Kung berada di posisi ketiga.

Geraint Thomas (Inggris) berhasil berada di peringkat keempat di depan Rohan Dennis (Australia) yang berada di peringkat kelima. “Ini adalah mimpi untukku dan saya sangat senang. Saya sampaikan secara pribadi rasa terima kasih saya kepada tim nasinal dan kepada Italia. Juga kepada tim pro saya, Ineos Grenadiers,” tutur Ganna.

Dia juga menambahkan, “Saya tidak punya kata-kata lagi. Saya sudah empat kali juara dunia di kelas Track. Baru kali ini juara dunia ITT. Saya akan merayakan ini bersama keluarga,”

Rute datar ini, hari Jumat, 25 September malam WIB sangat berangin. Rohan Dennis gagal menjadi juara dunia ITT untuk ketiga kalinya.

Dia sempat menjadi yang terbaik kedua di intermediate check, tapi itu tidak cukup membuatnya jadi yang terbaik saat melewati garis finis. Dennis finis 40 detik lebih lambat dibandingkan Ganna. 

Kemenangan Ganna ini menjadi yang pertama dalam sejarah Italia di kelas Men Time Trial. Sekaligus ini adalah gelar emas pertama Italia sejak terakhir Italia mendapatkan emas dari Asessandro Ballon yang memenangkan kelas road race UCI Road World Championships tahun 2008.

Hampir saja tragedi seperti yang dialami Chloe Dygert, pembalap ITT dari Amerika Serikat terjadi atas Tom Dumoulin (Belanda). Dia terlambat lepas cleat sepatunya di  sebuah tikungan jadi melebar dan membuatnya kehilangan waktu.

Hari ini, Sabtu 26 September malam WIB adalah balapan women’s road race sejauh 143 km.

Wout van Aert Belgia juara 2  Filipo Ganna Italia juara 1 dan Stefan Kung Swiss juara 3 UCI Road  World Championship Men Time Trial 2020 Foto IstimewaWout van Aert (Belgia) juara 2, Filipo Ganna (Italia) juara 1, dan Stefan Kung (Swiss) juara 3 UCI Road World Championship Men Time Trial 2020. (Foto: Istimewa)

Top 10 UCI Road World Championships 2020 Men Time Trial

1 GANNA Filippo (Italia) 35 menit 54 menit

2 VAN AERT Wout (Belgia) +0:26

3 KÜNG Stefan (Swiss) +0:29

4 THOMAS Geraint (Inggris) +0:37

5 DENNIS Rohan (Australia) +0:39

6 ASGREEN Kasper (Denmark) +0:47

7 CAVAGNA Rémi (Prancis) +0:48

8 CAMPENAERTS Victor (Belgia) +0:52

9 DOWSETT Alex (Inggris) +1:06

10 DUMOULIN Tom (Belanda) +1:14

Penulis : Yudy Hananta

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Oct 2020 15:20 WIB

Polisi Minta Aksi Unjuk Rasa Terapkan 3M dan Tidak Anarki

Rek, Ojok Angel Tuturane

Polisi meminta pengunjuk rasa taati prokes.

24 Oct 2020 15:00 WIB

Direktur Baru, RSMU Rencana Kembangkan Sayap di Kota Lain

RS Mata Undaan

Harapan Baru RSMU dengan kepimpinana Direktur Baru

24 Oct 2020 14:40 WIB

Keluarga Menduga Penangkapan Gus Nur Ada Muatan Politis

Jawa Timur

Keluarga tidak terkejut dengan penangkapan Gus Nur.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...