Festival layang-layang internasional yang akan digelar. foto:ist

Festival Layang-Layang Internasional di Pantai Ketawang, Purworejo

Event 25 July 2018 15:10 WIB

Namanya Purworejo Kite Festival. Event ini akan menyapa wisatawan 28-29 Juli 2018 besok. Jangan lupa agendanya, Festival Layang-Layang Internasional.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana mengatakan, Purworejo Kite Festival akan diikuti 34 grup layang-layang. 6 Diantaranya berasal dari luar negeri.

“Festival layang-layang di Purworejo merupakan event internasional. Negara-negara yang ikut adalah Thailand, Jepang, Swedia, Polandia, India, dan Malaysia. Event ini diselengarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo. Festival yang unik dan menarik untuk disambangi. Event ini juga merupakan promosi wisata andalan Purworejo,” ujar Pitana.

Pitana menambah, event ini merupakan event tahunan yang telah dilaksanakan keenam kalinya. Show layang-layang terbukti efektif mempromosikan objek wisata andalan Kabupaten Purworejo.

“Ini sebagai bentuk promosi bagi daerah setempat. Sehingga, potensi pariwisata Purworejo akan semakin terangkat lagi. Sekaligus meramaikan kegiatan di lokasi wisata,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Area I (Jawa) Wawan Gunawan menambahkan, selain promosi wisata, kegiatan ini juga untuk meningkatkan pengunjung wisata. Imbasnya positif. Yaitu meningkatnya Anggaran Pendapatan Asli Daerah (APBD). Selain itu juga untuk meningkatkan pendapatan warga, baik melalui jasa parkir, kuliner dan lainnya.

“Event ini bisa menggerakkan ekonomi masyarakat setempat secara langsung. Sekaligus promosi pariwisata Purworejo. Dan ini sangat efektif karena layang-layang merupakan budaya yang disukai di dunia. Ini terlihat dari peserta yang datang dari berbagai negara di dunia” ucap Wawan.

Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Kemenpar, Sumarni juga menyambut baik gelaran tersebut. Karena akan mengangkat pamor Purworejo.

"Purworejo sangat jeli melihat peluang. Gelaran festival internasional ini semakin mengangkat nama Purworejo. Terlebih lagi festival ini diikuti oleh banyak negara asing," ungkapnya

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga mengapresiasi penyelengaraan festival layang-layang ini. Mantan Dirut PT Telkom itu berharap festival ini bisa meramaikan obyek wisata di Purworejo. Sekaligus mempromosikannya.

“Soal potensi saya rasa tidak ada yang kurang dari Purworejo. Dan ini akan terpapar di festival ini. Apalagi Purworejo punya keuntungan karena secara teritori berdekatan dengan Jogja, ini harus dimanfaatkan. Kedepan saya yakin pariwisata Purworejo makin oke seiring dengan adanya bandara internasional Jogja yang ada di Wates,” ucap Menteri asal Banyuwangi tersebut.(*)

Penulis : Widi Kamidi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

13 Feb 2020 16:40 WIB

Disabilitas Minta Ganjar Lindungi Korban Bullying Purworejo

Nusantara

Penyandang disabilitas minta Ganjar lindungi korban perundungan Purworejo.

31 Jan 2020 21:30 WIB

Terkilirnya Otak Kanan Para Penjual Impian

Ajar Edi

Kuasa, pengakuan, dan harta kadang membuat orang gelap mata.

15 Jan 2020 15:39 WIB

Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat Ternyata Bukan Suami Istri

Kriminalitas

Raja Keraton Agung Sejagat ternyata kontrak rumah di Yogyakarta.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...