Pertunjukan Barongsai di depan Matos Kota Malang yang dipadati ribuan warga (Theo/ngopibareng.id)

Ada Tarian Papua dan Barongsai di Festival Imlek Matos Malang

Jawa Timur 25 January 2020 16:55 WIB

Hari Raya Imlek di Malang Town Square (Matos) dimeriahkan dengan Festival Barongsai dan baju tradisional China. Seribuan warga Kota Malang menyaksikan festival dengan parade barongsai, dari gerbang Veteran Universitas Brawijaya (UB) hingga depan halaman Matos. Warga Papua di Malang juga terlibat dalam festival itu.

Marcomm Manager Matos, Sasmitha Rahayu, mengatakan festival barongsai ini merupakan upaya untuk memeriahkan Imlek di tahun ini.

"Kami bukan merayakan tapi memeriahkan. Karena semua tradisi di Indonesia, mulai dari Islam, Kristen, China dan semuanya, kami turut serta memeriahkan dengan even maupun membuat dekorasi pernak-pernik," tuturnya pada Sabtu 25 Januari 2020. Sebab, menurut Sasmitha, memeriahkan Imlek merupakan bagian dari kehidupan bertoleransi antar umat beragama.

"Karnaval ini menghadirkan parade Kerajaan Tiongkok yaitu hadirnya kereta kencana yang membawa raja, ratu, putri, dan pangeran, serta prajurit-prajurit berkuda yang mengawal keberangkatan menuju Kerajaan Tiongkok di Matos," ujarnya

Ditambahkan oleh Mall Director Matos, Fifi Trisjanti, pada Imlek tahun ini pihaknya juga mengundang mahasiswa asal Papua untuk turut serta memeriahkan Imlek. "Ya, inilah yang membedakan perayaan imlek tahun ini dan kemarin. Semua berhak merayakan termasuk saudara kita Papua," paparnya.

Sejumlah mahasiswi asal Papua saat menampilkan tarian tradisional di depan MatosSejumlah mahasiswi asal Papua saat menampilkan tarian tradisional di depan Matos

Terlihat puluhan mahasiswi asal Timika, Papua yang tergabung dalam Komunitas bernama Baimana Kamia, menampilkan tarian tradisional bernama 'Seka' di depan Matos.

"Kami ingin jadi wadah dan membuktikan bahwa suku di Indonesia itu tidak akan terpisahkan," sambung Fifi.

Sebelumnya ada beberapa penampilan seperti wushu, barongsai dan leang-leong oleh South Lion Dance, vocal dan modern balet kontemporer dengan iringan lagu dari Tiongkok oleh Athena Flame Entertain.

Tidak hanya acara hiburan, pengunjung juga dimanjakan dengan dekorasi Malang Town Square yang mengangkat nuansa Festival Musim Semi, dengan desain arsitektur khas Tionghoa dengan hiasan lampion di sejumlah sudutnya.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Aug 2020 09:46 WIB

Ini Keistimewaan Sidang Tahunan MPR di Tengah Pandemi Covid-19

Nasional

Sidang tahunan MPR kali ini hanya diikuti separoh dari anggota MPR.

14 Aug 2020 09:18 WIB

Episode Terakhir The K2: Cloud Nine Diledakkan Sung Won

ngopiK-pop

Pertikaian Yoo Jin dan Sung Won berujung peledakan Cloud Nine.

14 Aug 2020 09:12 WIB

Laka Maut di Jember, 5 Korban Meninggal

Nusantara

Ada 5 yang korban luka-luka dan 5 meninggal.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...