Ferdinand Sebut Van Dijk Tak Pantas Jadi Pemain Terbaik

01 Sep 2019 17:54 Liga Champions

Mantan pemain Manchester United Rio Ferdinand sulit mempercayai Virgil van Dijk terpilih sebagai pemain terbaik Liga Champions. Baginya mustahil seorang van Dijk mengalahkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang memiliki pengaruh besar terhadap kiprahnya timnya.

Bek tengah Liverpool itu memiliki peran penting dalam sukses Liverpool di sepanjang musim lalu. Pemain asal Belanda itu berhasil mengantarkan Liverpool meraih gelar Liga Champions 2018-2019 melalui aksi comeback di semifinal lawan Barcelona dan mengalahkan Tottenham Hotspur di final.

Sementara Ronaldo harus mengakhiri kiprahnya di Liga Champions musim lalu dengan kekecewaan karena timnya tersingkir di babak 16 besar lewat kekalahan memalukan atas Ajax Amsterdam  pada leg kedua di Turin. Namun Ronaldo telah memberikan dua gelar kompetisi domestik bagi Juventus di musim pertamanya.

Messi juga berperan penting dalam membawa Barcelona kembali menjuarai La Liga musim ini. Superstar Argentina ini juga mencetak 12 gol di Liga Champions yang menjadikannya sebagai penyerang tersubur di kompetisi teratas di Benua Biru.

"Tidak diragukan lagi Virgil van Dijk adalah bek terbaik di planet ini sekarang," kata Ferdinand kepada BT Sport.

“Tapi dengarkan, ketika seorang pria mencetak 50 gol dalam satu musim seperti yang dilakukan Messi, atau Cristiano, memenangkan trofi seperti yang dia lakukan dan efek yang dia miliki di kejuaraan baru dan di tingkat nasional, Anda tidak dapat melihat lebih jauh dari itu,” kata Ferdinand

“Orang-orang mengatakan itu agak membosankan. Mereka berdua memenangkannya setiap tahun, tetapi mereka memasang angka yang belum pernah kita lihat sebelumnya selama 12 hingga 15 tahun. Anda tidak bisa melihat lebih dari itu.”

“Saya adalah pemain (bek) tengah dan saya senang dia menang, tetapi ketika Anda memiliki seseorang yang mencetak 50 gol dalam satu musim, Anda tidak bisa melakukan itu. Mereka yang terbaik. Messi dan Ronaldo dihukum karena standar yang mereka tetapkan, itu membosankan bagi sebagian orang,” ujar Ferdinand terkesan mempertanyakan parameter UEFA menetapkan Van Dijk sebagai pemain terbaik di Liga Champions.