Fenomena Ombak di Kolam TNI AL Juanda, BMKG Beri Penjelasan

02 Oct 2018 14:11 Surabaya

Beberapa hari terakhir warga digegerkan dengan tayangan video yang viral di media sosial. Video itu menanmpilkan adanya gelombang fenomena aneh ombak besar yang terjadi di kolam renang yang tenang.

Kolam renang itu sendiri disebut terletak di Puslatdiksarmil TNI AL Juanda. Dalam keterangan video tersebut yang tersebar di media sosial, fenomena kemunculan ombak itu bahkan dikaitkan dengan bencana gempa bumi disertai tsunami di wilayah Palu dan Donggala baru-baru ini.

Menanggapi hal itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Timur menjelaskan bahwa video itu direkam pada 28 September 2018 pukul 17.20 WIB, saat itu BMKG tak mencatat adanya aktivitas kegempaan di sekitar lokasi.

"Pada saat kejadian dimaksud, sensor gempa Stasiun Gempa Geofisika tidak mencatat adanya sinyal gempa," kata Koordinator BMKG Jatim, Mohammad Nurhuda, melalui keterangan tertulisnya yang diterima ngopibareng.id, Selasa, 2 Oktober 2018.

BMKG mengatakan kejadian di kolam renang itu bukan berasal dari kejadian kegempaan yang tercatat di wilayah Surabaya, Sidoarjo atau sekitarnya.

Dengan adanya kejadian ini, BMKG pun mengimbau masyaraat agar tak mudah terpengaruh pemberitaan, misinformasi ataupun disinformasi yang sengaja disebarluaskan dengan tujuan meresahkan.

"Masyarakat kami imbau tidak terpengaruh kepada berita-berita yang meresahkan, dan tidak dapat dipertanggung jawabkan," kata Nurhuda.(frd)

Reporter/Penulis : Farid Rahman
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini