Artis Feby Febiola mengenakan baju rumah sakit jelang operasi kista ovarium. (Foto: Instagram @febyfebiola_)

Feby Febiola Operasi Kista Ovarium

Selebriti 30 May 2020 09:00 WIB

Feby Febiola mengumumkan dirinya akan jalani operasi kista ovarium. Kabar ini disampaikan artis 42 tahun itu lewat unggahan Instagram pribadinya. Istri Franky Sihombing itu berpose mengenakan baju pasien rumah sakit, sambil menunjukkan senyum ke arah kamera.

"Di saat semua selfie pake face app, aku selfie pake baju rumah sakit," tulis Feby Febiola sebagai keterangan foto.

Artis kelahiran 24 Mei 1978 ini memberi tahu jika dirinya tengah bersiap menjalani operasi pengangkatan kista. "Siap-siap buat operasi Kista Ovarium. Doakan ya supaya semua lancar," lanjutnya.

Postingan itu langsung direspons oleh tekan-rekannya. Banyak yang mendoakan agar operasi yang dijalani Feby Febiola berjalan lancar.

"Semangat kakkk... Lancar yah operasinyaaa .. Love you," tulis Vanessa Angel.

"Lancaaar operasinya n speedy recovery mba Feb," doa Agatha Suci.

Sebagai balasan, Feby Febiola menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan dan doa yang diberikan kepadanya dalam menjalani operasi kista ovarium yang berjalan lancar.

Melalui unggahan terbarunya di Instagram, Feby Febiola menjelaskan bahwa dirinya masih dalam tahap pemulihan usai operasi. Sehingga, dia tak bisa membalas satu persatu pesan yang masuk ke ponsel atau DM Instagram pribadinya.

"Selamat pagi. Terima kasih yang sudah mendoakan, operasinya lancar. Sorry enggak bisa balas satu-satu. Pokoknya, i love you all," tulis Feby Febiola.

Kista Ovarium

Kista ovarium adalah kantong berisi cairan yang tumbuh pada indung telur (ovarium) wanita. Kista ini biasanya muncul selama masa subur atau selama wanita mengalami menstruasi.

Tiap wanita memiliki dua indung telur (ovarium), satu di bagian kanan dan satu lagi di sebelah kiri rahim. Ovarium yang berukuran sebesar biji kenari ini merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita.

Ovarium berfungsi menghasilkan sel telur tiap bulan (mulai dari masa pubertas hingga menopause), serta memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Fungsi ovarium terkadang dapat terganggu, kista termasuk jenis gangguan yang sering terjadi.

Gejala

Sebagian besar kista berukuran kecil dan tidak menimbulkan gejala. Kista ini biasanya  akan hilang sendiri tanpa pengobatan. Kista baru menimbulkan masalah jika tidak kunjung menghilang atau justru makin membesar.

Dalam kondisi seperti ini, penderita dapat merasakan nyeri panggul atau perut kembung. Kondisi serius dapat terjadi saat kista pecah atau jaringan ovarium terpelintir sehingga memerlukan penanganan secepatnya.

Penyebab

Terbentuknya kista ovarium tergantung dari berbagai faktor. Bisa terkait dengan siklus menstruasi maupun akibat ada pertumbuhan sel yang tidak normal. Walaupun terdapat pertumbuhan sel yang abnormal, biasanya kista ovarium bersifat jinak.

Sulit untuk dapat mencegah timbulnya kista. Kendati demikian, pemeriksaan panggul secara teratur dapat memantau jika terjadi perubahan pada ovarium. Pemeriksaan juga perlu dilakukan jika terjadi mengalami menstruasi di luar kebiasaan.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jul 2020 02:28 WIB

Belajar Dulu Baca Al-Quran kepada Ahlinya, Sebelum Jadi Ustadz

Islam Sehari-hari

(Sebuah Catatan untuk Felix Siauw)

05 Jul 2020 01:59 WIB

Mina Vs Jimin AOA, Korban Bully Selama 10 Tahun

ngopiK-pop

Mina mengaku jadi korban bully rekannya, Jimin di girl group AOA.

05 Jul 2020 01:40 WIB

Pacar Putra Sulung Donald Trump Positif Covid-19

Internasional

Kimberly Guilfoyle, pacar putra sulung Donald Trump, terinfeksi Covid-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...