Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar (kiri) bersama Fattah Jasin di Jakarta, kemarin. (Foto:Istimewa)

Fattah Jasin Ikuti Uji Kompetensi DPP PKB

Pilkada 07 March 2020 08:35 WIB

Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) kemarin melakukan uji kompetensi dan kepatutan (UKK) terhadap bakal calon bupati (bacabup) dan cawabup Sumenep periode 2020-2025 di Kantor DPP PKB Jln. Raden Saleh Raya 9 Jakarta.

Uji kompetensi dan kepatutan ini merupakan persyaratan DPP PKB menetapkan siapa yang akan direkomendasi sebagai calon bupati dan calon wakil bupati Sumenep periode 2020-2025.

Dari lima cabup yang mendaftar di DPC PKB Sumenep, ada tiga bacabup yang hadir di acara uji kompetensi dan kepatutan yakni RB Fattah Jasin (Gus Acing), KH Mohammad Shalahuddin A. Warits (Ra Mamak) dan KH Muh Unais Ali Hisyam, M.Pd.

Sedangkan dua calon lainnya, Hj. Nurfitriana, SE, MM dan Ir. Donny M. Siradj, MBA tidak tampak hadir. Sementara dua calon wakil bupati Achmad Yunus dan Nurfaizin, MA hadir untuk mengikuti UKK.

RB Fattah Jasin yang dihubungi Jumat malam, mengatakan setelah uji kompetensi, maka dalam satu dua hari ke depan rekomendasi akan dikeluarkan oleh DPP PKB kepada salah satu dari tiga bakal calon tersebut.

Ketua Umum DPP PKB Drs. H. Abdul Muhaimin Iskandar, M.Si yang akrab disapa Cak Imin berharap agar PKB harus memenangkan Pilkada Sumenep yang dilaksanakan serentak dengan beberapa daerah lain September 2020 mendatang.

Nah, untuk memenangkan pertarungan, cabup PKB harus benar-benar memiliki kompetensi dan kepatutan sebagai calon bupati. Siapa yang akan terpilih, tentu DPP PKB akan mempertimbangkannya secara hati-hati.

"Sebagai salah satu calon, saya harus optimis. Tetapi sebaiknya kita tunggu sampai pengumuman resmi yang dikeluarkan DPP PKB," ujar Gus Acing.

Sementara itu, Ketua DPW PKB Jatim, Drs. H. Abdul Halim Iskandar, M.Pd. yang juga Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada Kabinet Indonesia Maju meminta cagup-cawabup yang mendapatkan rekomendasi harus berjuang ekstra keras. Sebab lawan yang dihadapi merupakan incumbent yakni cabup dari PDIP yakni Achmad Fauzi yang saat ini menjabat Wakil Bupati Sumenep. Fauzi akan berpasangan dengan Hj. Dewi Khalifah atau Nyi Eva yang juga Ketua Muslimat Kabupaten Sumenep.

Baik Cak Imin maupun Cak Halim berharap, siapa pun yang akan direkomendasi harus berjuang sungguh-sungguh. Perbanyak bersilaturahim dengan kalangan ulama, tokoh masyarakat dan terpenting lagi kaum nahdliyin di akar rumput.

Seusai acara UKK, Gus Acing bertemu Cak Imin di rumah dinas pimpinan DPR-RI.
"Ya Alhamdulillah, bisa bertemu Cak Imin dan Cak Halim di rumah dinas pimpinan DPR usai sholat Jumat, hingga pkl 15.00," ujar Gus Acing.(min)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Jun 2020 02:18 WIB

Porsi Ikhtiar dan Doa, Terbebas dari Bahaya Pandemi Covid-19

Islam Sehari-hari

Tausiyah Ustadz Ma'ruf Khzon, Pengasuh Pesantren Aswaja Sukolilo Surabaya

04 Jun 2020 01:36 WIB

16 Pasien Covid-19 di Pasuruan Sembuh

Ngopibareng Pasuruan

Mereka adalah para keluarga tenaga kesehatan.

04 Jun 2020 01:00 WIB

Jadwal Belajar dari Rumah TVRI 4 Juni 2020

Pendidikan

Siswa SD-SMA Belajar dari Rumah materi matematika.

Terbaru

Lihat semua
04 Jun 2020 01:36 WIB

16 Pasien Covid-19 di Pasuruan Sembuh

Ngopibareng Pasuruan
Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...