Fatma Saifullah Yusuf Ajak Perempuan Sadar Kesehatan

13 Mar 2019 17:12 Surabaya

Ketua Umum Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jatim yang juga Founder Fatma Foundation, Dra Hj Fatma Saifullah Yusuf, mengajak seluruh perempuan di Indonesia khususnya Jatim untuk sadar kesehatan. Salah satu caranya adalah dengan memeriksakan diri ke dokter untuk mencegah terjadinya kanker.

“Saya mengajak masyarakat untuk menyadari kesehatannya dengan memeriksakan diri sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satunya adalah penyakit kanker serviks atau kanker payudara yang selama ini menjadi momok para perempuan,” ujar Fatma Saifullah Yusuf, saat menjadi pembicara dalam acara Dare to Dream Big With Think Smart, Work Smart With Self-Confidence, di Hotel Mercure Frand Mirama Surabaya, Senin, 11 Maret 2019 lalu.

Di Indonesia, jelas Fatma, penyakit kanker yang paling banyak menyerang perempuan adalah kanker payudara dan kanker serviks. “Untuk itu, deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara menjadi program prioritas Fatma Foundation. Bahkan bus kesehatan Fatma Foundation juga dirancang khusus untuk pemeriksaan pap-smear, serta ditangani oleh tim dokter yang sudah berpengalaman,” ungkapnya.

Bus kesehatan tersebut, lanjut istri Ketua PBNU Drs H Saifullah Yusuf ini, akan keliling Surabaya dan kelak se-Jawa Timur untuk menjangkau masyarakat yang kurang mampu tanpa dipungut sepeserpun. “Saya akan jemput bola dengan mendatangi masyarakat khususnya bagi saudara-saudara kita yang kurang mampu,” terangnya.

Menurut Fatma, meskipun kebanyakan gangguan kesehatan terjadi di usia 50 tahun ke atas, tetapi generasi muda khususnya kaum perempuan juga harus mengetahui penyebab kanker. Dan jika sudah berkeluarga harus rajin memeriksakan diri ke dokter untuk pencegahan. “Di Hari Perempuan Internasional ini, saya berharap tidak ada lagi perempuan yang takut dan malu untuk memeriksakan kesehatannya melalui pemeriksaan pap-smear dan payudara, karena bila diketahui sedini mungkin maka pengobatan bisa cepat dilakukan,” harapnya.

Ia pun berharap kedepannya bisa bersinergi dengan banyak pihak untuk melakukan aksi sosial ini karena sangat berguna untuk masyarakat. “Tentu saya tidak bisa menjalankan ini sendiri saya ingin bersinergi dengan semua pihak baik dokter dan juga maayarakat untuk melakukan kegiatan kemanusiaan ini," pungkasnya.

Sementara itu, dalam rangka memperingati International Woman's Day 2019, Woman of Accor Generation atau lebih sering disebut WAAG mengadakan talkshow bertema ‘Dare to Dream Big with Think Smart, Work Smart With Self Confidence’. “Setiap tahunnya peringatan International Women's Right Day, Accor East Java selalu mengadakan kegiatan talk show yg melibatkan tokoh tokoh yang menginspirasi," ujar General Manager Ibis Surabaya City Center, Vivi Anggriani.

Talkshow Dare to Dream Big With Think Smart, Work Smart With Self Confidence’ dihadiri empat tokoh perempuan yang dipandang mampu menjadi leader, ibu untuk keluarganya dan tetap berkarir dibidangnya untuk daerah, bahkan negaranya. Sesuai dengan semangat International Woman's Day tahun ini, Balance for Better.

Disebutkan Vivi, mereka adalah Dra Hj Fatma Saifullah Yusuf ( Ketua Umum BKOW Jatim & Founder Fatma Foundation), Arzeti Bilbina SE MAP (Model Senior dan Anggota Komisi X DPR RI), DR Dra Pingky Saptandari, MA (Ketua Jurusan Ilmu Sosial Politik Universitas Airlangga) dan Etty Ariaty Soraya, Ssos, Mci. (Marcomm Senior & Direktur Marketing Kalyana & SLVR). (ist)

Bersama dalam acara Dare to Dream Big With Think Smart Work Smart With SelfConfidence di Hotel Mercure Frand Mirama Surabaya Senin 11 Maret 2019 Foto istimewa
Bersama dalam acara Dare to Dream Big With Think Smart, Work Smart With Self-Confidence, di Hotel Mercure Frand Mirama Surabaya, Senin, 11 Maret 2019. (Foto: istimewa)
Reporter/Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini