Suasana SMKN Bangil 1 saat gelar job matching. (Foto: Dok Humas)

Fasilitasi Alumni, SMKN Bangil 1 Gelar 'Job Matching'

Ngopibareng Pasuruan 08 August 2019 18:40 WIB

Untuk mengurangi masa tunggu bekerja para alumninya, SMKN 1 Bangil menggelar Job Matching. Job Matching adalah salah satu program kegiatan di SMK agar lulusan SMK lebih cepat terserap.

Acara tersebut dilaksanakan di Halaman SMKN I Bangil, Kamis, 8 Agustus 2019 dan diserbu ratusan alumni maupun para pencari kerja yang merupakan lulusan SMK.

Indra Jaya, Kepala SMKN I Bangil mengatakan, tujuan utama digelarnya Job Matching 2019 adalah untuk memasarkan siswa SMK agar diterima di dunia usaha maupun dunia industri. Di mana setidaknya ada sekitar 431 posisi lowongan kerja yang dibuka dari 21 perusahaan yang ada dalam pameran Job Matching ini.

"Kebanyakan perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dalam job matching ini ya dari PIER. Sedangkan sisanya ada yang dari Malang, Sidoarjo dan Surabaya," kata Indra di sela-sela acara.

Ditambahkannya, Job Matching ini sekaligus menjadi media penggunaan aplikasi SMKN 1 Bangil yang telah dibuat oleh Bursa Kerja Khusus SMKN 1 Bangil yang diberi nama SMART BKK. Penggunaan website aplikasi ini ditujukan agar para pencari kerja dapat dengan mudah mencari pekerjaan tidak hanya melalui offline saja, namun juga berbasis online.

"SMART BKK ini merupakan salah satu bagian dalam mengaplikasikan maupun edukasi, utamanya menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam rangka merekrut lukusan SMK," kata Indra.

Sementara itu, Abdul Kholik selaku Ketua Panitia Pelaksana Job Matching menjelaskan, rangkaian acara Job Matching sudah dimulai sejak Senin, 05 Agustus 2019. Dimana para alumni bisa mendaftar menjadi peserta melalui online. Hasilnya pun menggembirakan, karena setidaknya sudah ada 53.263 pengunjung yang telah melihat informasi lowongan pekerjaan yang ada di dalam SMART BKK.

"Khusus hari ini saja sudah ada 264 pengunjung yang telah melihat aplikasi SMART BKK. Ini di luar expektasi kami," katanya.

Khusus untuk posisi lowongan pekerjaan, Kholik menegaskan bahwa Job Matching ini hanya untuk lulusan SMK saja. Dalam artian tidak ada lowongan pekerjaan yang membutuhkan lulusan D3, SI dan seterusnya.

Sehingga posisi yang dibuka diantaranya kasir, operator produksi, teknisi, mekanik, pramuniaga, staf administrasi hingga posisi lainnya.

 

"Ada yang juga membuka lowongan pekerjaan untuk posisi marketing, customer service maupun teller perbankan. Semoga langkah kami dalam mempertemukan antara pencari pekerjaan dengan penyedia lapangan pekerjaan, betul-betul dimudahkan," kata Kholik. (sumber: www.pasuruankab.go.id)

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Feb 2020 15:41 WIB

Sosialisasi Jargas di Pasuruan, PT PGN Jamin Senyaman Mungkin

Ekonomi dan Bisnis

Ribuan warga Kota Pasuruan bakal menikmati jargas

24 Feb 2020 23:36 WIB

Banser Siap Jadi Komponen Cadangan Untuk Jaga NKRI

Ngopibareng Pasuruan

Ini diungkapkan KSP RI Jenderal (Purn) Moeldoko dalam Apel Kebangsaan.

24 Feb 2020 18:30 WIB

Menkop Berharap Kopotren Sidogiri Jadi Contoh Koperasi Syariah

Ngopibareng Pasuruan

Koperasi BMT UGT Sidogiri tahun ini memiliki aset R2,2 triliun.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.