Indonesia Care Rare Disease saat berfoto bersama dr. Perdana Aditya Pratama dalam acara Seminar Penyakit Langka di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (Theo/ngopibareng.id)

Fakultas Kedokteran UB Ajak Mahasiswa Mengenali Penyakit Langka

Pojok Unibraw 11 January 2020 18:45 WIB

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Brawijaya (UB), Malang, Jawa Timur, menggelar seminar kesehatan untuk mengedukasi mahasiswa mengenai penyakit langka, di Gedung Amphy Theater, FK UB, pada Sabtu 11 Januari 2020,.

Ketua Pelaksana, dr. Ariana mengatakan acara ini digelar sebagai bentuk rangkaian peringatan Hari Penyakit Langka Sedunia pada 28 Februari sekaligus rangkaian Dies Natalis FK UB ke-46.

"Karena mereka (mahasiswa) ujung tombak yang berhadapan dengan penyakit langka. Kami sosialisasikan kepada mereka yang nantinya menjadi dokter supaya lebih aware," katanya, Sabtu 11 Januari 2020.

Dalam acara ini, pihaknya bekerjasama dengan komunitas penyakit langka atau Indonesia Care Rare Disease.

Acara yang diikuti sekitar 200 peserta juga mengundang komunitas difabel di Malang. Komunitas tersebut juga memamerkan karya anak-anak difabel seperti lukisan dan kerajinan tangan.

Spesialis penyakit dalam, dr. Perdana Aditya Rahman, mengatakan ada sekitar 80 ribu jenis penyakit langka. Untuk mengenali penyakit tersebut juga sulit.

"Ada yang saking jarangnya, maka kurang diketahui. Alat untuk mendiagnosis juga kurang," ujarnya.

Salah satu kriteria penyakit langka kata Perdana, jika penderitanya kurang dari 200 ribu dari populasi di dunia.

"Namanya macam-macam. Penyakit langka ada banyak jenisnya, tapi penderitanya itu jarang. Namanya penyakit langka," jelasnya.

Ia mencontohkan pada 1970-an penyakit Aids dianggap penyakit langka sebab pengidapnya sedikit. Namun saat ini penyakit tersebut tidak bisa dikatakan langka sebab sudah banyak yang mengidapnya.

"Ada banyak cara untuk mengenali penyakit langka seperti jangan menyepelekan keluhan kayak demam. Memperhatikan kelainan pada tubuh, perhatikan lingkungan kerja juga yang bisa jadi pintu masuk virus penyakit," tuturnya.

Seminar penyakit langka merupakan rangkaian agenda Dies Natalis ke-46 Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (UB). Pada Minggu 12 Januari 2020 pagi akan diadakan jalan sehat dengan hadiah berbagai macam hadiah.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Feb 2020 19:00 WIB

Pemerintah Gelontorkan Rp4,56 T Demi Selamatkan Dampak Corona

Nasional

Penyelematan ekonomi Indonesia dari dampak virus corona.

25 Feb 2020 18:45 WIB

Mogok Makan Warnai Aksi Warga Tumpang Pitu

Ngopi Foto

Sudah lima hari warga Tumpang Pitu menggelar aksi demo.

25 Feb 2020 18:37 WIB

Truk Kelebihan Muatan Ditilang di Penyeberangan Ketapang

Perhubungan

Truk kelebihan muatan dilarang menyeberang per 1 Mei 2020.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.