Tanda pagar National Girlfriend Day yang viral di Twitter. (Tangkapan layar Twitter)

Fakta National Girlfriend Day yang Viral di Twitter

Reportase 02 August 2020 11:20 WIB

National Girlfriend Day sedang viral di jagat Twitter. Tanda pagar ini telah digunakan sedikitnya 102 ribu kali di Indonesia, ketika berita ditulis, Minggu 22 Agustus 2020. National Girlfriend Day sendiri diketahui pertama kali dirayakan di tahun 2004, di Amerika Serikat. Berikut sejumlah fakta dari National Girlfriend Day.

Diperingati Sejak 1 Agustus 2004

Dikutip dari laman National Day, diketahui National Girlfriend Day pertama kali diperingati pada 1 Agustus tahun 2004. Seorang wanita bernama Susan mengelola laman tentang gaya hidup. Ia mengatakan jika ia merayakan tanggal 1 Agustus tahun 2004, sebagai kesempatan bagi para perempuan mengekspresikan rasa terima kasih mereka pada sahabat perempuannya.

Meski sejarah tentang pertemanan di antara perempuan telah terbentang lebih tua dibanding sejarah National Girlfriend Day sendiri. Sebagian besar persahabatan di antara perempuan muncul untuk melawan sistem patriarki yang mendiskriminasi peran perempuan di masyarakat.

Di antaranya sekelompok perempuan pertama yang lulus dari sekolah medis di Universitas Edinburgh Inggris, di tahun 1860. Meski masuk di universitas itu, mereka dilarang lulus dan tak boleh jadi dokter hanya karena memiliki gender perempuan. Upaya sekelompok perempuan ini lantas membuahkan hukum baru di tahun 1876, yang membolehkan perempuan belajar medis di Universitas Edinburgh. Geng perempuan ini dikenal dengan nama The Edinburgh Seven.

Cara Merayakan National Girlfriend Day

National Today menyebut jika di Amerika Serikat, hari ini diperingati dengan menghabiskan waktu bersama sahabat perempuan, melakukan hal yang disukai bersama, dan yang mengikat satu dengan yang lain dalam pertemanan. Hal yang dilakukan seperti nonton film, belanja bersama, pergi makan di restoran dengan menu enak, spa, atau hal lain yang mempererat persahabatan di antara perempuan.

Di era media sosial, tak luput juga untuk meramaikan persahabatan dengan melibatkan Instagram, dengan mengunggah selfie bersama sahabat perempuan. National Today menyarankan penggunaan tanda pagar #WCW be Every day? atau mengapa kami tak bisa bersama setiap hari, bagi warga Amerika Serikat.

Data Persahabatan Perempuan

Sejumlah data tentang persahabatan perempuan juga disajikan. Meski tak disebutkan bagaimana penelitian diperoleh serta keakuratannya, namun National Today menyajikan sejumlah poin yang menarik. Di antaranya, seorang prempuan disebut rata-rata memiliki enam sahabat perempuan sepanjang hidupnya, usia persahabatan di antara perempuan mencapai 16 tahun, 1 di antara 10 perempuan mengaku lebih gembira jika bersama teman perempuannya dibandingkan dengan pasangannya.

Juka terdapat data jika sebanyak 47 persen perempuan berharap bisa bersama sahabatnya lebih banyak, 1 di antara 4 perempuan menyebut sahabatnya lebih mengenal mereka dibandingkan pasangannya, dan perempuan berusia di atas 55 tahun memiliki usia persahabatan rata rata 23 tahun. 

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Aug 2020 16:15 WIB

Protokol Diperketat, Tamu Jokowi Wajib Rapid Test

Nasional

Protokol kesehatan di Istana Kepresidenan diperketat.

03 Aug 2020 16:00 WIB

Usut Fetish Jarik Mahasiswa Unair, Polda Buka Posko Pengaduan

Kriminalitas

Upaya percepatan dan perlindungan pada korban.

03 Aug 2020 15:57 WIB

Langgar Protokol Kesehatan, ASN Di Jateng Bisa Didenda

Nusantara

Ganjar Pranowo siapkan mekanisme denda.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...