Helikopter Mi-17 Jatuh di Kendal. (Ilustrasi/Aerospace)
Helikopter Mi-17 Jatuh di Kendal. (Ilustrasi/Aerospace)

Fakta Helikoper Mi-17 yang Jatuh di Kendal

Ngopibareng.id Teknologi dan Inovasi 07 June 2020 09:40 WIB

Helikoper Mi-17 milik TNI AD jatuh di Kendal, Jawa Tengah, pada Sabtu 6 Juni 2020, sekitar pukul 13.40. Helikopter jatuh dalam misi latihan terbang di Pusat Pendidikan Penerbangan AD, Semarang, jawa Tengah.

Dirangkum dari sejumlah sumber, berikut fakta Helikopter Mi-17.

Dibuat oleh Rusia

Mi-17 dibuat oleh Mil Moscow Hekicopter Plant. Helikopter ini dirancang menggunakan anggaran subsidi dari Rusia. Pesawat ini salah satunya di produksi di Ulan-Ude, wilayah di Rusia yang berbatasan dengan Mongolia.

Helikopter Transportasi Bersenjata

Mi-17 dirancang sebagai helikopter untuk mengangkut penumpang. kapasitas penumpangnya mencapai 30 orang dan turun di kelas medium. Namun, ia juga dilengkapi dengan senapan serbu. Sejumlah sumber menyebut beberapa negara telah menggunakan versi awal Mi-17 atau Mi 8 sejak masa Perang Dingin.

Versi Terbaru

Versi ini terus dikembangkan oleh Rusia. salah satu varian yang terbaru adalah Mi-171A2. Helikopter purwarupa pertama varian ini dikenalkan pada 2014, sedangkan tes terbang pertama berlangsung pada 2015.

Varian ini diklaim menjadi produk terbaik dari seri Mi-8/17.

Helikopter juga diklaim lebih aman dan nyaman, dengan kokpit yang terbuat dari bahan gelas, kemampuan penerbangan dan operasional, serta power yang lebih baik.

Teknologi di kokpit dilengkapi dengan sistem peringatan dini atas kondisi kritis serta menghindari tabrakan dengan objek luar. Monitor thermal digital, kamera dengan monitor display yang multifungsi, serta alarm.

Sebelumnya diketahui helikopter ini jatuh di Kaliwungu, Kecamatan Kendal, Jawa Tengah, sekitar pukul 13.40 Helikopter dengan nomor registrasi HA 5141 tersebut sedang melaksanakan misi latihan terbang di Pusat Pendidikan Penerbang AD, Semarang, Jawa Tengah, sebagai bagian dari program Pendidikan Calon Perwira Penerbang 1.

Dilansir dari Antara, setelah jatuh, Helikopter MI-17 ini terbakar dan menyebabkan 4 orang crew meninggal, sementara 5 lainnya luka-luka.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Jan 2021 17:38 WIB

Indonesia Tambah 12.568 Kasus, Jakarta Tembus 3.000

Reportase

Jawa Timur laporkan kasus meninggal terbanyak.

20 Jan 2021 17:23 WIB

Terinspirasi Gunung Bromo Hadirkan Busana Wonders Earth

Inovasi

Busana Wonders Earth karya Natalia Renata Angelina.

20 Jan 2021 17:13 WIB

Tiga Bulan Hilang, Jack Ma Muncul secara Online

Internasional

Jack Ma muncul secara online, tapi lokasinya dirahasiakan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...