Fahri Hamzah Kritik Istana Payah Soal Sewa Mobil Mercy

19 Oct 2019 14:25 Nasional

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 dijadwalkan terlaksana pada Minggu besok,  20 Oktober 2019.

Upacara pelantikan Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma'ruf Amin akan digelar di Gedung Nusantara MPR RI, Jakarta. Para tamu negara dijadwalkan akan menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden.

Mantan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyindir Istana payah karena menyewa mobil tanpa biaya untuk kebutuhan para tamu VVIP negara dalam acara pelantikan esok hari.

"Justru tidak boleh. Itu namanya #QuidProQuo. Istana payah...," demikian tulis Fahri Hamzah di akun Twitter #ArahBaru2019 @fahrihamzah, Sabtu 19 Oktober 2019.

Istilah 'Quid Pro Quo' yang secara harafiah berarti 'ini untuk itu' atau dapat juga diartikan sebagai harus ada timbal balik atas tindakan yang dilakukan seseorang dimana pihak lain mendapatkan jasanya.

Selain itu, Fahri juga mengkritik istana yang dinilainya salah konsep. Menurut 'Quid Pro Quo' ini serupa dengan konflik kepentingan.

"Istana ini dikelola oleh siapa sih...baru mau mulai saja sudah salah konsepnya... #QuidProQuo mobil gratis itu adalah #TanamJasa yang berbahaya...waspadalah," lanjut Fahri. "Soal #QuidProQuo itu, penegak hukum juga banyak yg gak paham etikanya... sama dengan #ConflictOfInterest ... itu soal rasa...pejabat publik itu harus dibuatkan peradilan erika yang tinggi...citarasa etikanya harus tinggi."

Dikutip dari situs setkab.go.id, pemerintah menyiapkan setidaknya 18 mobil yang akan digunakan para tamu negara yang akan menghadiri Upacara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI.

"Rinciannya adalah Mercedes-Bens S450 sebanyak 11 unit, cadangan 1. Lalu E300 sebanyak 13 unit, E250 ada 4 unit, dan E200 sebanyak 10 unit," kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, seperti dikutip dari Setkab.go.id.

Jumlah kendaraan tersebut di luar kendaraan yang disiapkan untuk pendukung tamu negara, seperti Alphrad 18 unit, Camry 9 unit, dan Fortuner sebanyak 27 unit. Total ada 72 mobil yang dipersiapkan sebagai kendaraan bagi tamu negara yang akan menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden.

Meskipun mobil baru keluar dari pabrik, Heru memastikan mobil-mobil tersebut tidak dibeli, tetapi hanya disewa harian. Anggaran keseluruhan untuk penyewaan mobil-mobil yang digunakan dalam acara upacara pelantikan tersebut sebesar Rp1 miliar.

Selain mobil, Istana juga menyiapkan akomodasi bagi para tamu negara tersebut untuk penginapan. Beberapa hotel yang direkomendasikan olehnya adalah Hotel Fairmont, Hotel Mulia, Hotel Sultan, hingga Hotel Four Seasons. Alasannya, hotel-hotel tersebut dekat dengan Gedung MPR/DPR/DPD RI Senayan.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini