Fadli Zon Kenakan Jaket Loreng Redam Massa dari Mobil Komando

22 May 2019 20:12 Nasional

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon tampak hadiri di tengah ribuan aksi massa di depan kantor Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Rabu, 22 Mei 2019.

Fadli yang mengenakan jaket loreng naik ke atas mobil komando yang berada di tengah kerumunan aksi massa. Tampak hadir juga Neno Warisman yang menaiki mobil tersebut.

Fadli Zon di atas berusaha menenangkan aksi massa yang anarkis. Tampak Neno Warisman sedang menyampaikan orasi di atas mobil komando.

Sebelumnya, massa aksi 22 Mei di depan gedung Bawaslu, sempat ricuh setelah selesai salat berjemaah. Massa melempar batu, kayu, botol minuman air mineral ke arah barikade polisi yang berjaga di depan kantor Bawaslu.

Bentrokan dipicu oleh sekelompok orang dari arah Jalan Abdul Moeis melempari polisi memakai botol air mineral. "Tolong pak ustadz, bantu kami. Kami TNI Polri bertahan. Kami tidak melakukan apa-apa," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Harry Kurniawan saat meredakan aksi rusuh.

Selain melempari batu, botol minuman, kayu, para pendemo juga membakar spanduk di tengah jalan. Polisi menyerukan para pendemo 22 Mei berhenti untuk melemparkan benda. Massa diminta untuk mundur dan bubarkan diri.

Akibat aksi tersebut dikabarkan dua anggota polisi menjadi korban pelemparan. Terlihat sejumlah orang membopong 2 orang dari bagian depan menuju sisi trotoar.

Dua pria itu mengalami terluka di bagian kepala. Satu orang luka di pelipis kiri dan terluka di bagian atas kepala. Mereka terluka akibat lemparan batu massa yang ditujukan ke arah barisan polisi.

Kondisi dua orang tersebut masih sadar. Mereka lalu dibawa ke arah ambulans yang berjaga di samping Bawaslu, jalan yang menuju arah Tanah Abang. Saat ini, massa masih bertahan di depan barikade polisi. Namun kericuhan sudah mulai mereda. (wit)