Sepeda climbing Factor seri O2 VAM 2021. Ini seri terbaru tanpa kabel-kabel. (Foto: Yudy Hananta/Istimewa)
Sepeda climbing Factor seri O2 VAM 2021. Ini seri terbaru tanpa kabel-kabel. (Foto: Yudy Hananta/Istimewa)

Factor O2 VAM 2021 Lebih Bersih Tanpa Kabel

Ngopibareng.id Gowes Bareng 25 August 2020 10:40 WIB

Factor mengupgrade sepeda climbingnya. Seri O2 VAM 2021 mengalami "pembersihan" dari kabel-kabel. Jadi, nampak lebih fresh. Factor mengklaim bobot frame ini 677 gram untuk size 54 cm dan belum dicat.

Untuk cat, Factor memberikan tiga pilihan. Dan penambahan bobot berkisar antara 20 gram hingga 45 gram.

Sepeda baru ini besar kemungkinan akan digunakan oleh penyabet empat kali juara Tour de France, Chris Froome yang sudah pindah ke tim Israel Start-Up Nation.

O2 terbaru menggunakan batang steerer model DshapedO2 terbaru menggunakan batang steerer model D-shaped.

Froome sedang mengejar gelar kelima juara Tour de France nanti tanggal 29 Agustus hingga 20 September 2020.

Selain senjata baru Factor O2 VAM ini, Froome juga akan menggunakan sepeda aero terbaru Factor yang belum dirilis tapi sudah nampak di Tour de Dauphine beberapa waktu lalu.

Perubahan terbesar Factor O2 VAM ini ada dibagian kokpit. O2 terbaru menggunakan batang steerer model D-shaped. Dengan adanya ruang ini membuat kabel bisa masuk dan tidak harus menambah bobot sepeda.

Factor O2 VAM menggunakan direct mount rear derailleur hanger membuat proses penggantian roda jadi lebih mudahFactor O2 VAM menggunakan direct mount rear derailleur hanger membuat proses penggantian roda jadi lebih mudah.

Desain ini sama dengan yang digunakan oleh BMC Teammachine dan Trek Emonda. Kelemahan dari desain ini adalah, mekanik harus melepas semua kabel dan selang yang menempel pada saat harus mengganti bearing atas.

Sedangkan untuk spacer, menggunakan model split jadi tidak harus melepas semua kabel untuk memasang spacer ini. Memang dengan kokpit bersih dari kabel ini membuat aerodinamika meningkat.

Specialized pernah mengetes untuk versi Roubaix bahwa menggunakan kabel dalam menghemat 12 detik untuk menempuh jarak 40 km.

Factor O2 VAM baru ini masih tersedia dalam versi rim brakeFactor O2 VAM baru ini masih tersedia dalam versi rim brake.

Factor O2 VAM menggunakan handlebar stem integrated milik Black Inc. Black Inc adalah anak perusahaan Factor yang spesialisasinya di komponen dan wheelset.

Selain kokpit yang lebih rapi, O2 VAM ini menggunakan seatpost clamp yang lebih ringan 14 gram dibandingkan versi lama. Dan berdesain baru yang lebih lebar sehingga aman ketika dipadu dengan seatpost ringan.

Factor O2 VAM baru ini masih tersedia dalam versi rim brake. Karena menggunakan direct mount rear derailleur hanger membuat proses penggantian roda jadi lebih mudah.

O2 VAM ini menggunakan seatpost clamp yang lebih ringan 14 gram dibandingkan versi lama O2 VAM ini menggunakan seatpost clamp yang lebih ringan 14 gram dibandingkan versi lama.

Penulis : Yudy Hananta

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

17 Jan 2021 23:32 WIB

Sepi Agenda Politik, Ketua PDIP Jatim Ajak Sering Silaturahmi

Politik

Agar tetap solid jelang 2024

17 Jan 2021 22:13 WIB

Sinopsis Don't Breathe: Trio Penjahat Mengungkap Rahasia Gelap

Film

Bioskop Trans TV akan menayangkan film Don't Breathe.

17 Jan 2021 21:00 WIB

Sinopsis Man from Nowhere: Pemilik Toko Terseret Kasus Nakoba

Film

K-movievaganza Trans 7 akan menayangkan film Man from Nowhere.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...