Hasil balapan F1 GP Rusia digelar di Sirkuit Sochi Autodrom, Krasnodar Krai, Minggu 27 September 2020 malam WIB. (Foto: Twitter @f1)
Hasil balapan F1 GP Rusia digelar di Sirkuit Sochi Autodrom, Krasnodar Krai, Minggu 27 September 2020 malam WIB. (Foto: Twitter @f1)

F1 GP Rusia: Hamilton Kena Penalti, Bottas Juara

Ngopibareng.id F1 28 September 2020 05:55 WIB

Valtteri Bottas keluar sebagai pemenang balapan Formula 1 GP Rusia. Sementara itu, Lewis Hamilton finis di posisi ketiga setelah diganjar penalti. Seri kesepuluh balapan F1 GP Rusia digelar di Sirkuit Sochi Autodrom, Krasnodar Krai, Minggu 27 September 2020 malam WIB.

Hamilton start dari posisi terdepan setelah jadi yang tercepat di sesi kualifikasi, pada Sabtu 26 September lalu. Meski demikian, Hamilton berada dalam penyelidikan karena melakukan pelanggaran dengan latihan start di tempat yang dilarang sebelum balapan.

Selepas start, Hamilton mampu mempertahankan posisinya dari tekanan Bottas di turn 1. Masih di lap pertama, safety car terpaksa keluar setelah Lance Stroll dan Carlos Sainz terpelintir dan menabrak dinding pembatas.

Safety car masuk kembali di lap kelima. Di lap kedelapan, Hamilton akhirnya dijatuhi hukuman penalti dua kali lima detik akibat pelanggaran yang ia lakukan sebelum balapan.

"Aku cukup yakin tidak ada yang mendapat dua penalti lima detik untuk sesuatu yang sangat konyol sebelumnya. Aku tidak membahayakan siapapun. Aku telah melakukan hal ini jutaan kali di trek selama bertahun-tahun dan tidak pernah dipertanyakan karena itu," kata Hamilton kepada Sky Sport.

Hamilton menjalani hukumannya di lap ke-17 saat masuk ke pit. Saat kembali ke lintasan setelah menjalani hukuman 10 detik, pebalap Mercedes itu melorot ke posisi ke-11. Meski demikian, Hamilton mampu memperbaiki posisinya.

Di lap ke-24, Hamilton sudah menempati posisi kelima dengan selisih 39 detik dari Bottas yang memimpin balapan. Hamilton pada akhirnya mampu menembus posisi ketiga di belakang Bottas dan Max Verstappen. Posisi ini bertahan hingga balapan usai.

Bagi Bottas, ini jadi kemenangan keduanya di F1 2020. Sebelumnya, pebalap asal Finlandia itu jadi juara di seri pembuka di GP Austria. Sementara itu, Hamilton harus menunggu lebih lama lagi untuk menyamai rekor 91 kemenangan milik Michael Schumacher. Meski demikian, Hamilton masih memimpin klasemen pebalap dengan 205 poin. Bottas menyusul di urutan kedua dengan 161 poin.

Sedangkan Max Verstappen berhasil finis runner-up untuk mempersembahkan podium kali pertama bagi Red Bull di Sochi sejak sirkuit itu masuk kalender F1 pada 2014.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

30 Nov 2020 17:13 WIB

Dinkes Jateng Koreksi Rilis Covid-19 oleh Satgas: Itu Tidak Benar

Nusantara

Menurut Dinkes Prov Jateng data satgas itu terjadi dobel data.

30 Nov 2020 17:00 WIB

Update Covid Indonesia: 4.617 Infeksi, Jumlah Orang Dites Turun

Reportase

Jakarta melaporkan infeksi lebih dari seribu.

30 Nov 2020 16:45 WIB

Cara DKRTH Surabaya Rawat Pohon di Musim Hujan

Surabaya

Salah satunya siapkan petugas khusus disetiap wilayah

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...