Ezra Walian Resmi Gabung PSM, PSM Kental Aroma Belanda

07 Sep 2019 17:09 Liga Indonesia

PSM Makassar resmi mendapatkan pemain muda Timnas Indonesia, Ezra Walian. Penyerang berusia 21 tahun itu dikontrak selama 3,5 tahun.

Sebelum bergabung dengan PSM Makassar, Ezra Walian merupakan pemain klub Belanda, Almere City. Namun, dia dipinjamkan ke RKC Waalwijk. Di akhir musim 2018/2019, pemain 21 tahun kembali ke Almere hingga sepakat mengakhiri kerja sama.

"Jadi ini jawaban dari manajemen tentang siapa pemain muda yang akan bergabung. Dia adalah Ezra Walian. Sudah sangat populer di Indonesia," kata CEO PSM, Munafri Arifuddin, dikutip dari akun Instagram @psm_makassar.

Ezra Walian merupakan pemain yang pernah mencicipi akademi Ajax Amsterdam. Dia juga sempat memperkuat Timnas Belanda U-15 dan U-17. Pengalaman Ezra main di Eropa diharapkan bisa memberi dampak untuk Juku Eja.

"Manajemen PSM sudah berjanji akan mendatangkan pemain muda, selain bagian dari peremajaan klub, juga untuk target jangka panjang untuk tim," ujar Munafri.

Sebelum resmi bergabung dengan Juku Eja, Ezra Walian juga menarik hati tiga klub Indonesia lainnya, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan Bali United.

Ezra Walian adalah rekrutan keempat PSM pada jeda kompetisi. Sebelumnya ada Firza Andika, Raphael Maitimo, dan Amido Balde, yang berhasil direkrut.

Keberhasilan PSM menggaet eks pemain Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2017 itu makin menguatkan aroma Belanda di skuat asuhan pelatih Darije Kalezic tersebut.

Di PSM saat ini sudah ada pemain-pemain dari Negeri Kincir Angin lain, yakni Marc Klok, Wiljan Pluim, plus naturalisasi Raphael Maitimo. Lalu, sang asisten pelatih Bonnie Fautngil juga berasal dari Belanda.

Selain itu, kedatangan Ezra Walian membuat PSM punya empat striker. PSM sebelumnya sudah punya Guy Junior, Ferdinand Sinaga, dan Amido Balde.

Namun, PSM mendatangkan Ezra Walian dengan beberapa pertimbangan. Guy Junior mengalami cedera, diprediksi baru pulih sekira November mendatang. Andalan di lini depan lainnya, Ferdinand Sinaga, kemungkinan akan lebih sering berada di Timnas Indonesia.

Sementara pemain lincah, Bayu Gatra, juga sedang cedera. Ezra Walian bisa diplot membantu sektor sayap tim juara Piala Indonesia 2018 itu.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini