Samuel Eto'o ketika membawa Piala Afrika dalam salah satu seremoni menjelang kick-off final Piala Afrika 2019. (Foto: Twitter/@CAF_Online)

Eto'o Menjadi Pembawa Trofi Piala Afrika Mewakili Negaranya

Dunia 20 July 2019 06:11 WIB

Ada sosok istimewa pada rangkaian seremoni peletakan trofi Piala Afrika 2019 ke tengah meja yang terletak di salah satu sisi lapangan sebelum kick-off final turnamen terakbar di Benua Hitam ini. Dia adalah mantan bintang Barcelona asal Kamerun, Samuel Eto’o.

Pemain yang menghabiskan karier sepak bola profesionalnya di Eropa dengan 10 klub berbeda ini didapuk sebagai perwakilan negaranya yang berstatus juara bertahan Piala Afrika. Eto’o berjalan dari pinggir ke tengah lapangan dengan mengenakan jas hitam.

Diiringi sorot kamera, Eto’o berjalan dari sisi lapangan satu ke sisi lainnya, tepatnya mendekat ke meja bulat yang sudah disiapkan paniti pelaksana. Setibanya di sana, Eto’o meletakkan trofi itu di atas meja. Ia juga sempat berpose di samping trofi untuk sesi pemotretan yang berlangsung singkat.

Keruan saja, keberadaan Eto’o pun disambut suka cita oleh penonton yang hadir di Stadion Internasional Kairo, Mesir. Tak sedikit yang memanggil namanya dan menjabat tangan Eto’o.  

Eto’o sendiri adalah pemain Afrika paling bersinar sepanjang masa. Dia pemain paling fenomenal bagi sepak bola Kamerun dan Afrika. Kiprahnya bersama klub-klub besar Eropa akan sulit disamai oleh pemain asal Benua Hitam lainnya.

Pemain kelahiran Douala, Kamerun ini adalah pemain Afrika yang paling sukses sepanjang masa setelah meraih penghargaan Pemain Terbaik Afrika sebanyak empat kali: tahun 2003, 2004, 2005, dan 2010. Dia berada di urutan ketiga sebagai Pemain Terbaik Dunia FIFA pada tahun 2005.

Samuel Etoo melambaikan tangannya ke penonton final Piala Afrika 2019 Foto TwitterCAFOnlineSamuel Eto'o melambaikan tangannya ke penonton final Piala Afrika 2019. (Foto: Twitter/@CAF_Online)

Sebagai skuat tim nasional Kamerun, Eto'o adalah bagian dari penggawa Singa Gigih yang memenangkan turnamen Olimpiade 2000. Dia juga berpartisipasi dalam tiga edisi Piala Dunia dan enam kali Piala Afrika (menjadi juara dua kali) serta menahbiskan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam sejarah Piala Afrika, sebanyak 18 gol.

Pria yang terakhir bermain di Eropa bersama Sampdoria ini juga pemain Kamerun yang mencetak gol terbanyak sepanjang masa dan pemain dengan caps terbanyak ketiga, dengan 56 gol dari 118 penampilan.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

13 Nov 2019 08:44 WIB

Salah Jadi Penonton Saat Mesir Jalani Kualifikasi Piala Afrika

Dunia

Salah absen ketika Mesir bertemu Kenya dan Komoros

29 Jul 2019 12:39 WIB

Samuel Eto’o Yakini Hazard Mendekati Level Messi

Liga Spanyol

Bersama Madrid, Hazard diprediksi bakal sebaik Messi

20 Jul 2019 12:30 WIB

Ini Beda Gol Bunuh Diri dan Bukan

Dunia

Meski ada kesamaan dalam prosesnya, tapi beda penyebutan

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...