Erick Thohir Dukung Pembangunan Sport Center di Jatim

08 Aug 2019 12:45 Jawa Timur

Ketua Komite Olimpiade Indonesia Erick Thohir bertemu dengan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa. Kedatangannya kali ini bertujuan untuk membicarakan terkait industri olahraga di Jatim.

“Ya, kedatangan saya ingin silaturrahim. Alhamdulillah kan semua bagus kalau ada silaturohim. Kebetulan juga hari ini tadi saya baru menghadiri Musda Persatuan Radio di Jawa Timur dan kebetulan juga tadi diskusi mengenai olahraga di Jawa Timur,” ujar Erick Thohir di Grahadi, Surabaya, Rabu 7 Agustus 2019 malam.

Menurut Erick Thohir, sebagai provinsi terbesar nomor dua di Indonesia, industri olahraga di Jatim memerlukan peningkatan. Salah satu caranya, membangun fasilitas olahraga yang multifungsi seperti Sport Center.

“Jadi misalnya gedung basket bukan hanya untuk olahraga basket saja tapi bisa jadi gedung voli lalu bisa juga jadi tempat pertunjukan. Nah, ini yang mungkin dengan pengalaman saya di Asian Games kita bisa tukar pikiran,” ujarnya.

Erik Thohir kemudian mengomentari mengenai pembangunan Sport Center di Jatim yang masuk dalam rencana dari Khofifah. Menurut dia, pemerintah tidak hanya sekedar membangun, tetapi juga bisa memanfaatkan supaya tidak terbangun sia-sia.

“Insya Allah nanti tentu saya juga punya tim yang bisa bantu pemerintah Jawa Timur untuk membangun supaya lebih efisien, lebih modern tetapi juga fleksibilitas juga bisa tercapai,” ungkap Erick Thohir.

Terkait lokasi dan anggaran, Erick Thohir mengaku belum membicarakan hal tersebut dengan Khofifah. “Saya belum bicara itu, saya ini baru awal jadi ada 3 tadi mengenai laporan radio kedua mengenai olahraga dan ketiga industri pariwisata,” katanya.

 

Sementara terkait sektor pariwisata, mantan Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin  tersebut mengatakan bahwa potensi wisata di Jatim saat ini sudah sangat maju. Hal ini berdasarkan banyakanya pusat-pusat pariwisata di Jatim.

 

“Tentu mengenai pariwisata ke depan kebetulan saya sendiri melihat dengan apa yang dibicarakan Bapak Presiden (Jokowi) di mana salah satunya Wisata Bromo Tengger Semeru. Tapi Ibu Khofifah bahkan berpikir lebih lebar jangan hanya Bromo kalau perlu ada dua tiga titik di Jawa Timur supaya wisatawan lebih lama di Jatim,” terang Erick Thohir.

 

Hal ini dikarenakan kedatangan para wisatawan khususnya dari mancanegara bisa menjadi tempat pertumbuhan ekonomi yang bagus dengan pembukaan lapangan kerja yang semakin banyak.

 

“Saya rasa penduduk di Jawa Timur juga punya nilai-nilai service. Nah, nilai melayani ini yang juga mungkin banyak di daerah lain tidak punya itu. Saya rasa menjadi kesempatan apalagi kita lihat juga sekarang di Jawa Timur sekarang maju sekali sudah banyak pusat-pusat parawisata. mungkin itu sih hasil diskusinya” pungkasnya.

 

Gubernur Khofifah yang mendampingi Erick Thohir pun mengamini hal tersebut. Menurutnya, obrolan bersama mantan bos Inter Milan ini sesuai dengan keinginannya membangun Jatim.

 

“Ya saya juga kasih tahu mengenai proyeksi Milenial Job Center yang salah satunya akan menyiapkan para pekerja dengan skill yang mumpuni. Bagaimana sudah ada talent yang dididik oleh mentor kemudian sudah tersedia klien, jadi obrolan kita nyambung apalagi juga membahas tentang tenaga kerja,” ujar Khofifah.

Penulis : Faiq Azmi
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini