Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto: Women Forum Documentation)

Erdogan Apresiasi Kinerja Risma Sebagai Wali Kota

Internasional 14 December 2019 19:50 WIB

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memuji keberhasilan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam memimpin dan membangun Kota Surabaya, khususnya dalam memberdayakan anak-anak dan perempuan di Kota Surabaya.

Menurut Erdogan, apa yang dilakukan Risma di Surabaya menjadi insipirasi bagi dirinya, dan semua perempuan-perempuan di Turki. Khususnya para Wali Kota perempuan di Turki.

Pujian itu disampaikan Erdogan saat acara International Forum of Women in Local Government di Ankara, Turki. Kegiatan itu diselenggarakan oleh Partai milik Erdogan, Partai Pembangunan dan Keadilan (AKP) melalui organisasi sayap perempuan partai tersebut.

"Perempuan-perempuan inspiratif seperti Risma ini yang dari Surabaya, Indonesia, menambah keyakinan kita semua, baik di Turki maupun di dunia, bahwa perempuan harus dilibatkan dan diajak bicara dalam proses pembangunan suatu kota," kata Erdogan.

Erdogan berharap, dengan apiknya kinerja Risma, bisa menginspirasi para pemimpin perempuan lainnya untuk melakukan hal yang sama seperti Risma. Sehingga, perempuan tak lagi dipandang rendah oleh orang lain.

 

Menurut Erdogan, forum internasional yang dihadiri Risma itu sengaja ia buat untuk mengarusutamakan peran perempuan di berbagai sektor di Turki, termasuk dunia politik. Saat ini, dari 600 anggota parlemen Turki, ada setidaknya 103 orang perempuan. Sedangkan sekelas Wali Kota, di Turki saat ini dari 1.389 wali kota, sekitar 3 persennya merupakan perempuan.

Ia berharap, dengan terselanggaranya acara ini, bisa meningkatkan secara signifikan peran wanita di dunia politik di Turki.

Sementara itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal mengatakan, selama ini Erdogan memang sangat tertarik dengan Risma. Bahkan menurutnya, beberapa kali perwakilan pemerintah Turki meminta dirinya untuk mengundang Risma ke Turki. Namun karena jadwal yang belum pas, maka baru kali ini Risma bisa hadir.

"Di Turki, sudah banyak yang meminta saya untuk menghadirkan Bu Risma, terutama para pemimpin politik. Saya rasa adalah sebuah kebanggaan jika perempuan dari Indonesia bisa menjadi inspirasi dan role model bagi kaum perempuan di Turki," katanya.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

10 Aug 2020 18:26 WIB

Pamekasan Laporkan 251 Kasus Covid-19, 203 di Antaranya Sembuh

Jawa Timur

Terdapat total 788 suspek di Pamekasan.

10 Aug 2020 18:23 WIB

BUMN PT Enero Mojokerto Meledak, Satu Pekerja Tewas

Jawa Timur

PT Enero memproduksi bioethanol.

10 Aug 2020 18:11 WIB

Pemkot Imbau Lomba dan Tasyakuran 17 Agustus Diganti Online

Surabaya

Lomba dan tasyakuran hari Kemerdekaan RI berpotensi penularan covid-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...