Para ibu tampil ceria, tampak selalu berseri. (Foto: Istimewa)
Para ibu tampil ceria, tampak selalu berseri. (Foto: Istimewa)

Lima Amalan dalam Islam agar Terlihat Muda dan Berseri

Ngopibareng.id Islam Sehari-hari 28 November 2020 08:44 WIB

Banyak doa amalan yang bisa dilakukan agar selalu tampil segar, terlihat awet muda dan wajah berseri-seri. Mintalah kepada Allah dengan sungguh-sungguh, insya Allah akan terkabul. Dan disamping berusaha, kita juga memohon kepada Allah alias berdoa agar usaha kita diberi kelancaran dan tercapai maksud kita.

Menggunakan cara-cara yang bisa membahayakan kesehatan, tak pernah dianjurkan Islam. Sepereti operasi plastik dan sejenisnya.

Lima langkah amalan agar awet muda menurut pandangan Islam sebagai berikut :

1. Selalu Berwudhu

Menurut riset kulit adalah organ terbesar dari badan kita yang manfaat intinya yaitu membungkus badan dan melindungi badan dari kuman, racun, serta radiasi.

Dengan kita bersuci jadi bakal berlangsung sistem peremajaan serta pembersihan kulit, selaput lendir serta bersihkan lubang-lubang badan yang terkait dengan situasi luar seperti pori-pori kuling, rongga mulut, hidung, serta telinga. Oleh karena itu air wudhu adalah cara mudah untuk bikin orang jadi lebih awet muda.

2. Selalu Tersenyum

Terkecuali air wudhu senyumpun jadi salah satu cara untuk meremajakan kulit, karena dengan cara pengetahuan kesehatan saat seorang senyum dia cuma memakai 17 otot muka. Sedang saat seorang cemberut jadi dia memakai 43 otot muka. Di situlah otot yang banyak itu dapat tertarik hingga bisa menyebabkan kerutan di muka. Selain itu, dengan tersenyum otot muka kita dapat terus terjaga kekencangannya.

Tersenyum dapat juga memberi resiko ketenangan pada hati, jadikan kita semangat, serta senantiasa berhusnudzan. Diluar itu, saat kita tersenyum pada orang lain, tanpa ada merasa kita tengah berbagi kebahagiaan dengan orang itu.

3. Salat Tahajud

”Siapa saja yang banyak menunaikan shalat malam, jadi berwajah dapat terlihat tampan/cantik di siang hari.” (HR. Ibnu Majah)

Lihat dari sabda Rasulullah tersirat bahwa sholat malam membuat muka kita terlihat bersinar serta bersinar disiang harinya. Mengapa?

Menurut riset dari Prof. Dr. Muhammad Soleh, Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, salat tahajud adalah salat yang dikerjakan di penghujung malam yang sunyi. Pada saat malam sunyi itulah, bisa menghadirkan ketenangan, di mana ketenangan tersebut dapat dibuktikan dapat tingkatkan ketahanan badan imunilogi, kurangi kemungkinan terserang penyakit jantung serta tingkatkan umur harapan hidup.

4. Puasa

Puasa adalah salah satu obat awet muda. Tentang hikmah puasa, di mana salah satu himahnya yakni bisa memperlambat sistem penuaan. Hal itu diperkuat Albenia M. Furkon, direktur instansi makanan sehat di Amerika Serikat. Ia menyebutkan: puasa adalah cara paling baik untuk memperindah serta membuat cantik wanita dengan cara alami.

Puasa membuahkan pesona diri serta ketenangan dan menormalkan beberapa fungsi kewanitaan serta membuat kembali keindahan badan.

5. Menahan Amarah

”Barangsiapa yang menahan kemarahannya walau sebenarnya dia dapat untuk melampiaskannya jadi Allah Azza wa Jalla dapat memanggilnya (membanggakannya) pada hari kiamat dihadapan seluruhnya manusia hingga (lalu) Allah biarkan pilih bidadari bermata cermat yang disenanginya.” (HR. Abu dawud (no. 4777).

Demikian semoga bermanfaat.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

18 Jan 2021 11:23 WIB

11 Pegawai Covid-19, Pengadilan Negeri Surabaya Lockdown 5 Hari

Surabaya

Ada 11 orang Pegawai Pengadilan Negeri (PN) Surabaya positif Covid-19.

18 Jan 2021 11:06 WIB

CVR Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan, Rekaman Kokpit Masih Hilang

Nasional

Operasi pencarian pesawat Sriwijaya Air 182, hari ini Senin 18 Januari 2021, memasuki hari ke-10.

18 Jan 2021 10:45 WIB

Narasi Kebencian di Tengah Pendemi (2) Bagai Api dalam Sekam

Ahmad Zaini

Catatan Khusus Akhmad Zaini

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...