Empedu Rano Karno Diangkat

16 May 2019 13:00 ngopiHealth

Rano Karno harus kehilangan empedu di usia 50 tahun. Pemeran Si Doel ini memang kelihatan sehat-sehat saja. Akan tetapi, kondisi kesehatannya selama puasa ini sebenarnya belum fit.

"Jadi memang belum terlalu fit. Tapi saya nggak mau jadi alasan (batal puasa), cuma konsekuensinya makan saya harus dijaga," tutur Rano Karno.

Rano Karno mengakui operasi empedu harus dilakukan karena dirinya tak bisa menjaga pola makan. Selama berkecimpung di industri hiburan, Rano mengatakan pola makannya tak bisa dijaga.

"Empedu kalau ini kan ya karena gaya hidup, makan nggak benar. Ini (karena) pola makan dulu, 45 tahun kita kerja," jelas Rano Karno.

Sebelumnya, Rano Karno sempat mengalami bell's palsy yang menyebabkan sebagian otot wajahnya tak bisa digerakan. Kondisi itu pun mirip dengan pengidap stroke.

"Bell's palsy dia bukan stroke, artinya dia bisa sembuh tapi rangenya sebulan sampai tiga bulan. Cuma harus fisioterapi, nggak ada obat lain," kata Rano Karno.

Rano mengatakan jika memang terkena bell's palsy jangan cepat putus asa. Penyakit itu pasti sembuh, asalkan benar-benar bisa menjaga kesehatan dan istirahat. (yas)

Reporter/Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini