Masjid Jamik Tuban, Jawa Timur. (Foto: Istimewa)

Empat Tipe Orang yang Bermanfaat bagi Orang lain

Islam Sehari-hari 03 August 2020 05:37 WIB

Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam (Saw) berpesan agar umat Islam memberikan manfaat bagi kehidupan. Sebaik-baik manusia adalah yang memberikan manfaat bagi orang lain.

Lalu dalam keterangan para alim ulama memberikan empat tipe seseorang yang bermanfaat bagi orang lain.

1. Jadi orang seperti Batu Pondasi

Batu pondasi memberi kekuatan pada bangunan di atasnya tapi tidak pernah menunjukkan bentuknya ( menampakkan dirinya ). Artinya bila kita hidup bermasyarakat atau di suatu organisasi, maka jabatan tidak menjadi ukuran kita dalam berbuat, yang penting kerja atau berbuat yang bermanfa'at buat umat , tidak pernah mengharapkan pujian dan sanjungan semua dilakukan dengan hati yang tulus dan Ikhlas.

2. Jadi orang seperti Pohon Pisang

Pohon pisang enggan mati sebelum berarti, enggan hilang sebelum dikenang ( pohon pisang ditebang berkali-kali tidak akan mati. Tapi bila sudah mengeluarkan buahnya maka ia akan mati sendiri ). Artinya hidup ini harus bermanfa'at bagi orang lain, memiliki sesuatu yang bisa dibanggakan untuk generasi selanjutnya, meskipun dia sudah meninggal tetap dikenang namanya.

3. Jadi orang seperti Daun Pepaya

Daun Pepaya rasanya pahit tapi memberi rasa manis dan rasa nikmat pada buahnya. Artinya bila kita hidup bermasyarakat atau di suatu organisasi, kita tidak mementingkan diri sendiri, tapi kepentingan umum atau organisasilah yang kita utamakan.

4. Jadi orang seperti Pohon Kelapa

Kelapa mulai dari akarnya sampai ujung daunnya semua bermanfa'at. Artinya orang yang baik itu : Ucapannya, perbuatannya, dan tingkah lakunya senantiasa membawa manfaat dan bisa dimanfa'atkan oleh semua orang untuk kebaikan.

Dalam Hadits diterangkan :

عَنْ جَابِرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ : الْمُؤْمِنُ آلِفٌ مَأْلُوفٌ ، وَلَا خَيْرَ فِيمَنْ لَا يَأْلَفُ وَلَا يُؤْلَفُ ، وَخَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ.

Dari Jabir ra, dari Rasulullah Saw. bersabda :
"Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah, dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya." (HR. Thabrani no. 5949)

"Semoga kita dan seluruh keluarga kita selalu bertakwa kepada Allah, selalu memberi manfa'at, selamat di dunia selamat di akhirat.
Amin.!," pesan Ustadz Keman Almaarif dari Jombang.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Sep 2020 11:18 WIB

Gwyneth Paltrow Pose Telanjang

Gosip Artis

Gwyneth Paltrow merayakan ulang tahun dengan pose telanjang.

29 Sep 2020 11:06 WIB

Perkenalkan Sejarah Muhammadiyah, Begini Alasan Siti Noorjannah

Khazanah

Jalan menjadi generasi terbaik dengan berakhlak mulia

29 Sep 2020 10:54 WIB

Kapan Kartu Prakerja Gelombang 11 Dibuka? Ini Penjelasannya

Nasional

Apakah pemerintah akan membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11? 

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...