Marhaban ya Ramadhan. (Foto: Ilustrasi)

Empat Keutamaan Bulan Ramadhan, Demikian Dahsyatnya

Islam Sehari-hari 19 April 2020 16:45 WIB

Ramadhan segera tiba. Menurut perhitungan hisab, 1 Ramadhan 144 H bertepatan pada 24 April 2020. Kementerian Agama menggelar sidang isbat, setelah melakukan Rukyatul Hilal, pada Kamis 23 April 2020.

Marhaban ya Ramadhan. Selamat datang Ramadhan. Terkait hal itu, Ngopibareng.id mulai hari ini akan menyajikan setiap hari masalah-masalah ibadah Ramadhan.

Sebagaimana disebutkan dalam buku Sukses Ibadah Ramadhan, disusun Ustadz Muhammad Ma'ruf Khozin, diterbitkan Aswaja NU Center Jawa Timur dan Pengurus Pusat Lembaga Ta'lif wa Nasyr (LTN) PBNU, kita wajib menyiapkan diri sejak bulan Sya'ban.

Menyiapkan Diri Sejak Sya’ban

Suasana menyongsong Ramadhan perlu disiapkan sejak sebelum datangnya Ramadhan untuk melatih dan membiasakan lebih dahulu di bulan Sya’ban:

“Ketika Sya’ban seperti mukaddimah (pendahuluan) bagi Ramadhan, maka disyariatkan di bulan Sya’ban hal-hal yang disyariatkan di bulan Ramadhan, seperti puasa dan baca Al-Quran” (Al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali, Lathaif al-Ma’arif 1/138)

Umat Islam sejak masa Sahabat telah mempersiapkan diri sejak Sya’ban dengan ibadah dan sedekah:

Diriwayatkan dari Anas berkata “bahwa umat Islam ketika masuk bulan Sya’ban, maka senantiasa membaca Al-Quran dan mengeluarkan zakat hartanya, sebagai bantuan untuk orang miskin dalam menghadapi puasa” (Al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali, Lathaif al-Ma’arif 1/138).

Lalu apa keutamaan bulan Ramadhan? Berikut empat keutamaan bulan Puasa itu:

1. Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Quran

Allah Ta'ala berfirman,

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu berada (di negeri tempat tinggalnya) pada bulan tersebut maka hendaklah ia berpuasa saat itu.” (QS. Al-Baqarah: 185)

2. Setan-setan dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup dan pintu-pintu surga dibuka ketika Ramadhan tiba

Dari Abu Hurairah Ra; Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassalam (Saw) bersabda, ”Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.”

3. Terdapat malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan

Allah Swt berfirman, ”Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada Lailatul Qadar (malam kemuliaan). Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.” (QS. Al-Qadr: 1-3)

Allah Swt juga berfirman, ”Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. Ad-Dukhan: 3).
Yang dimaksud malam yang diberkahi adalah malam Lailatul Qadar.

4. Bulan Ramadhan adalah salah satu waktu dikabulkannya doa

Dari Jabir bin ‘Abdillah; Rasulullah Saw bersabda, ”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan apabila setiap Muslim memanjatkan doa maka pasti dikabulkan.”

Demikian semoga bermanfaat. Wallahu a'lam.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

16 Aug 2020 00:38 WIB

Transformasi Desainer Oscar Lawalata Jadi Wanita Punya Pacar Bule

Gosip Artis

Desainer Oscar Lawalata ubar gender jadi wanita.

16 Aug 2020 00:20 WIB

Video Amien Rais Sebut Jokowi Otoriter

Politik

Video terbaru Amien Rais menyebut rezim Presiden Jokowi otoriter.

15 Aug 2020 23:59 WIB

Jadwal Belajar dari Rumah TVRI 16 Agustus 2020

Pendidikan

Tayangan edukasi disajikan pada program Belajar dari Rumah.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...