Update penyebaran Covid-19 Jatim. (Foto: Tangkapan Layar)
Update penyebaran Covid-19 Jatim. (Foto: Tangkapan Layar)

Empat Daerah Zona Merah, Khofifah Minta Warga Disiplin Prokes

Ngopibareng.id Rek, Ojok Angel Tuturane 04 December 2020 01:01 WIB

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meminta kepada seluruh masyarakat Jatim agar dapat memperkuat penerapan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penularan virus corona atau Covid-19.

Hal ini, kata Khofifah, sangat penting mengingat saat ini dari data terakhir per 1 Desember 2020 lalu ada empat daerah yakni Jombang, Kota Batu, Situbondo, dan Jember yang naik status dari zona oranye (risiko penularan sedang) menjadi zona merah (risiko tinggi).

"Saya minta semuanya untuk kembali meningkatkan kewaspadaan dan disiplin protokol kesehatan. Satgas Covid-19 saya minta untuk bekerja keras kembali dan lebih ekstra," kata Khofifah.

Khofifah menambahkan, upaya operasi yustisi bersama jajaran Polda, Kodam, Kejaksaan serta Pengadilan akan ditingkatkan kembali guna meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

Hal ini penting karena tren kenaikan akibat penurunan angka kedisiplinan warga terhadap protokol kesehatan, utamanya pada saat masa libur panjang beberapa waktu lalu.

Ia berharap, kepatuhan terhadap protokol kesehatan dapat terus ditingkatkan karena sampai saat ini belum ada vaksin maupun obat yang mampu menyembuhkan pasien dengan cepat.

"Rumusnya kalau protokol kesehatan kendur maka terjadi peningkatan atau lonjakan Covid-19, dan ketika protokol kesehatan kita ketat, maka Covid-19 akan melandai, atau turun," tegas Khofifah.

Terkait kabar rumah sakit yang mulai penuh dan Bed Occupancy Rate (BOR) yang mulai naik, lanjut Khofifah, Pemprov Jawa Timur juga bergerak cepat dengan mengaktifkan kembali rencana RS Darurat untuk Malang Raya.

Seperti diketahui, terjadi kenaikan kasus yang cukup signifikan di Malang Raya, sehingga BOR rumah sakit mencapai 70%.

"Saat ini kami akan fokus untuk membantu relaksasi rumah sakit di Malang Raya dengan mendirikan RS Darurat Lapangan (RSDL).  Format RSDL nantinya akan seperti yang telah ada di Surabaya. RSDL Indrapura terbukti sangat efektif untuk meringankan beban rumah sakit dengan kematian 0%. Konsep ini akan kami replikasi ke Malang Raya," urai mantan Mensos RI ini.

Meskipun Jatim sudah mempersiapkan RS Darurat untuk mengatasi lonjakan kasus, Khofifah terus mewanti-wanti warga Jawa Timur agar meningkatkan lagi penerapan protokol kesehatan, utamanya 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, maupun pelaksanaan 3T, yaitu testing, tracing dan treatment.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

16 Jan 2021 18:59 WIB

Banjir di Kalsel, 27 Ribu Rumah Terendam, 112 Ribu Jiwa Mengungsi

Nusantara

Korban banjir di Kalsel terus bertambah.

16 Jan 2021 18:35 WIB

Mata Air Sumber Suyo, Wisata dan Tempat Terapi ODGJ di Kediri

Feature

Mata air Sumber Suyo di Kediri digunakan sebagai ritual penyembuhan ODGJ.

16 Jan 2021 18:05 WIB

Penerima Vaksin Pertama di India Malah Petugas Kebersihan

Internasional

Politisi dianggap bukan kelompok garda depan dalam menghadapi Corona.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...