Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (dua dari kanan), saat memaparkan perkembangan penyebaran corona di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat 27 Maret 2020. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (dua dari kanan), saat memaparkan perkembangan penyebaran corona di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat 27 Maret 2020. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)

Empat Daerah di Jatim Masuk Zona Merah

Ngopibareng.id Jawa Timur 27 March 2020 22:37 WIB

Empat daerah di Jawa Timur, kini masuk dalam zona merah akibat sebaran virus corona yang kian meluas. Ada pasien positif corona baru di 12 daerah di Jawa Timur. Sebelumnya, Kabupaten Kediri dan Gresik yang masuk zona merah.

"Ada penambahan daerah terjangkit yang semula hijau (tidak ada pasien positif corona) menjadi merah. Ada empat daerah yakni Situbondo, Jember, Lumajang dan Kota Batu," ungkap Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, saat memberikan keterangan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat 27 Maret 2020 malam.

Dia mengatakan, penambahan itu terjadi karena ada yang dari pasien dalam pengawasan (PDP) yang statusnya naik menjadi positif. Hasil ini diketahui setelah pasien melakukan pemeriksaan swab tenggorok dan swab orofaring, foto toraks, dan pemeriksaan lainnya.

Namun, adapula yang awalnya berstatus orang dalam pemantauan (ODP) yang status daerahnya masuk zona hijau, namun begitu diperiksa langsung diketahui telah positif terpapar corona.

"Yang hijau langsung merah adalah Situbondo,” sebut Khofifah.

Selain itu, lanjut Khofifah, bukan tidak mungkin para pasien terpapar karena masih tidak menjalankan imbauan untuk melakukan social distancing (jaga jarak), tinggal di rumah serta pola hidup bersih dan sehat.

Dengan tambahan zona merah di empat kabupaten tersebut, Khofifah mengingatkan, masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan agar tidak terjangkit Corona Covid-19.

Caranya, Khofifah kembali menjelaskan, melakukan social distancing, olahraga, tinggal di rumah atau keluar hanya karena kepentingan yang tak bisa ditunda, melakukan pola hidup bersih dan sehat serta menggunakan masker jika merasa ada gejala.

"Mengikuti berbagai hal yang memang selama ini dianjurkan berkali-kali tinggal di rumah, jangan keluar kecuali ada hal-hal yang sangat urgent," pungkas Khofifah.

Dengan penambahan zona merah ini, hanya ada sisa dua zona hijau yakni Sampang dan Sumenep.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

02 Mar 2021 11:45 WIB

Terduga Kasus Salah Transfer BCA Punya 3 Anak Kecil

Surabaya

Menurut sang istri, terduga mau mengembalikan uang tapi ditolak BCA

02 Mar 2021 11:30 WIB

Ditahan Sociedad, Zidane Tatap Derby Madrid dengan Optimis

Liga Spanyol

Ia meminta pemainnya melupakan hasil lawan Real Sociedad.

02 Mar 2021 11:14 WIB

Video Detik-detik Penembakan Gus Idris Malang

Jawa Timur

Gus Idris dikabarkan ditembak, nyata atau prank?

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...