Erwin Prasetya (dua dari kanan) bersama personel Dewa 19 formasi awal. (Foto: Instagram @ari_lasso)

Eks Basis Dewa 19 Dimakamkan di TPU Keputih Surabaya

Musik 02 May 2020 12:40 WIB

Kepergiaan Erwin Prasetya untuk selama-lamanya mengundang duka yang mendalam bagi para personel Dewa 19. Salah satunya, Andra Ramadhan.

Erwin Prasetya merupakan mantan basis Dewa 19. Ia meninggal dunia akibat pendarahan pada lambung. Sebelum menghembuskan napas terakhir, ia sempat mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Asih, Ciputat, Tangerang Selatan.

"Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, selamat jalan bro Erwin Prasetya, karya2 mu akan selalu dikenang, Husnul khotimah...Aamiiin,” tulis Andra di Instagram @andra_photo, Sabtu 2 Mei 2020.

Kesedihan Andra atas meninggalnya sang sahabat, terlihat dari gambar yang diunggahnya. Gitaris Dewa 19 itu menggunggah foto berlatar hitam.

Di sisi lain, menurut pengamat musik Stanley Tulung, jenazah Erwin Prasetya akan dibawa ke tanah kelahirannya di Surabaya, Jawa Timur untuk dimakamkan.

"Bakal dimakamkan di TPU Keputih di Surabaya. Jenazah akan dibawa hari ini juga ke Surabaya. Lewat jalan darat ya bukan dengan pesawat," terang dia.

Profil

Erwin Prasetya lahir pada 29 Januari 1972. Ia telah bergabung bersama Dewa 19 sejak masa SMA, bersama teman-teman akrabnya seperti Ahmad Dhani, Andra Junaidi, dan Wawan Juniarso.

Erwin Prasetya merupakan pemain bass tetap Dewa 19 sejak 1992 mulai dari album pertama, Dewa 19 (1992) hingga Pandawa Lima (1997). Beberapa lagu yang diciptakannya sempat menjadi hit pada era 1990-an, seperti Kirana, Restoe Boemi, dan Kamulah Satu-satunya.

Erwin akhirnya hengkang dari Dewa 19 karena suatu masalah. Namun, ia terlibat dalam penggarapan album Bintang Lima yang rilis pada tahun 2000 dan Cintailah Cinta (2002).

Di situ, ia hanya bertindak sebagai pemain tambahan (additional player). Posisinya kemudian digantikan Yuke Sampurna, mantan suami Kikan, vokalis eks band Cokelat.

Setelah hengkang dari Dewa 19, Erwin sempat bergabung dengan TIC Band dan NuKLA yang merupakan kelanjutan dari KLA Project. Terakhir, Erwin Prasetya diketahui tergabung dalam band Matadewa tahun 2009. Ia sempat merilis satu album yang diberi tajuk sama dengan nama band barunya tersebut.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

13 Jul 2020 09:36 WIB

Ronaldo Berpeluang Lewati Lewandowski di Perburuan Sepatu Emas

Liga Italy

Karena dia masih bermain di Serie A dan Liga Champions

13 Jul 2020 09:26 WIB

5 Fakta Artis HH Diciduk Polisi Terkait Dugaan Prostitusi Artis

Kriminalitas

Seorang artis FTV berinisial HH diduga terkait prostitusi artis.

13 Jul 2020 09:21 WIB

Surabaya Istimewa

Arif Afandi

Perang melawan Covid-19 hanya akan bisa sukses bila semua berjuang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...