Kepala Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19 Doni Monardo memaparkan tiga masalah penanganan pandemi covid-19 di Indonesia. (Ilustrasi/Ngopibareng.id

Ini Tiga Persoalan Penanganan Covid di Indonesia Versi Pemerintah

Nasional 10 May 2020 09:59 WIB

Kepala Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19 Doni Monardo mengungkap tiga persoalan dalam penanganan pandemi covid-19 di Indonesia. Doni yang merangkap sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) menyebut tiga hal itu antara lain penyakit covid-19 itu sendiri, kemudian urusan birokrasi, dan adanya ego sektoral pemerintah.

“Inilah tiga persoalan, yang menghambat kerja kami. Pertama penyakitnya covid, kedua birokrasi kita tidak terintegrasi, dan ketiga ego sektoral,” kata Doni dalam keterangan tertulis yang diterima media, Minggu 10 Mei 2020.

Persoalan lain yang dihadapi adalah kebijakan pemerintah yang terkadang justru membuat bingung lantaran berubah-ubah, tidak kompak, dan saling menyalahkan.

Ia menyoroti kebijakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang belakangan membuka kembali akses seluruh moda transportasi. “Yang disampaikan Pak Budi Karya belum tentu salah. Tetapi, mohon maaf pemberitaannya malah justru membuat rakyat bingung,” kata Doni.

Sebelumnya ia menilai, ketiadaan transportasi juga bisa menjadi masalah tersendiri di tengah pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Tidak adanya akses transportasi membuat hambatan sejumlah sektor, semisal keterlambatan pengiriman spesimen covid-19 dari wilayah seperti yang disampaikan oleh kepala daerah kepada Doni.

“Sudah prosesnya lambat ditambah lagi keadaan transportasi. Kita tidak akan pernah bisa menyelesaikan covid ini. Bagaimana kita bisa dapat data,” ujarnya.

Persoalan yang dihadapi Kepala Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19, sebelumnya juga disampaikan kepada Tim Pengawas DPR, Jumat 8 Mei 2020.

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Sep 2020 05:25 WIB

LIPI Sebut Jawa Berpotensi Gempa dan Tsunami Raksasa

Warta Bumi

Lempeng 800 Km di selatan Jawa bergeser akan timbulkan gempa magnitudo 9.

26 Sep 2020 04:33 WIB

Pejabat Tinggi Tahta Suci Vatikan Mengaku Dipaksa Mundur

Internasional

Cardinal Giovanni Becciu mundur dari jabatannya.

26 Sep 2020 03:30 WIB

Magawa, Tikus Afrika yang Mengendus 67 Ranjau Darat

Internasional

Magawa mendapatkan penghargaan medali emas.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...