Edit Adegan Homo, Film Bohemian Rhapsody Baru Tayang di China

08 Mar 2019 13:00 Film

Film Bohemian Rhapsody secara mengejutkan dapat izin tayang di China. Negara Tirai Bambu tersebut terkenal sangat ketat untuk film yang bermuatan konten homoseksual.

Dilansir Hollywood Reporter, keputusan menayangkan film yang dibintangi Rami Malek itu mendapat kontroversi. Hal tersebut mengingat China sangat menolak film yang menampilkan karakter homoseksual.

Ada sekitar satu menit adegan film yang dihapus lantaran bercerita tentang kehidupan seksual vokalis Queen, Freddie Mercury, dengan pasangan sesama jenisnya. Tak hanya homoseksual saja, adegan penggunaan narkoba pun dihapus dari film itu.

Meski diizinkan tayang, film ini hanya rilis terbatas di China. 'Bohemian Rhapsody' disebut bakal tayang pada pertengahan Maret 2019 mendatang. Padahal, film tersebut sudah ditonton oleh sebagian besar penggemar film sejak dirilis pada 23 Oktober 2018 lalu.

Sikap pemerintah China untuk melarang film berkonten homoseksual tidak konsisten selama bertahun-tahun. Sejumlah film yang memenangi Oscar, misalnya saja Brokeback Mountain (2005) ditolak untuk ditayangkan.

Namun adegan homoseksual singkat dalam Beauty and The Beast diizinkan tayang di bioskop China tanpa sensor. (yas)

Reporter/Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini