Ilustrasi Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta. (Foto: Dok. DPR RI)
Ilustrasi Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta. (Foto: Dok. DPR RI)

E-Parlemen Tunjang Kinerja DPR RI Masa Pandemi Covid-19

Ngopibareng.id Rek, Ojok Angel Tuturane 02 December 2020 14:47 WIB

Pandemi Covid-19 ternyata memberi sisi positif bagi wakil rakyat dalam memperbaiki kinerjanya. Salah satunya ialah penerapan E-Parlemen. Program ini berbasis pemanfaatan internet dalam mendukung kinerja wakil rakyat di parlemen seperti kegiatan persidangan.

E-Parlemen yang dijalankan DPR sangat efektif bagi masyarakat untuk mengetahui aktivitas dan menyokong kinerja anggota dewan. Apalagi saat ini semua rapat DPR sudah disiarkan secara langsung lewat TV Parlemen.

DPR RI secara bertahap akan menerapkan digitalisasi semua materi rapat dan persidangan. Hal itu akan memberi manfaat pada kecepatan dan keterbukaan informasi yang diakses anggota DPR RI, pemerintah, serta masyarakat.

“Arahnya ke digitalisasi. Ada penghematan dan mengurangi penggunaan kertas, lebih ramah lingkungan, dan lebih mendekatkan masyarakat dengan wakil-wakilnya,” kata Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin.

Menurut politikus Partai Golkar ini, E-Parlemen membuat DPR RI menjadi modern dan kinerjanya lebih akuntabel, serta tetap produktif.

“E-Parlemen memang untuk meningkatkan akuntabilitas DPR RI, untuk efektivitas dan efisiensi kinerja parlemen Indonesia yang modern,” terang dia.

Selain itu, Azis Syamsuddin menilai E-Parlemen juga penting untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memanfaatkan teknologi untuk peningkatan kinerja dan produktivitas.

Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI, Evita Nursanty menyatakan, penerapan E-Parlemen juga mampu mengurangi penggunaan kertas dalam semua agenda kerja, dan secara bertahap menuju paparless. Pencarian dan penyimpanan dokumen-dokumen rapat juga akan lebih mudah dilakukan dengan E-Parlemen karena semua sudah terdigitalisasi.

"Dokumen-dokumen rapat atau undang-undang yang sebelumnya dicetak, difotocopy, saat ini sudah tinggal download. Lebih efektif dan efisien. E-Parlemen menuju parlemen yang ramah lingkungan," tutur Evita.

Selain itu, E-Parlemen juga memudahkan masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya kepada wakil rakyat.

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Jan 2021 12:00 WIB

Mendikbud Revitalisasi Pendidikan Vokasi di 900 SMK

Pendidikan

Pendidikan vokasi akan dikembangkan kemendikbud di 900 SMK.

25 Jan 2021 11:40 WIB

Comeback, MU Kalahkan Liverpool 3-2

Liga Inggris

Gol bruno Fernandes menjadi gol penutup kemenangan MU

25 Jan 2021 11:39 WIB

Vaksin Merah Putih Disiapkan untuk Gantikan Vaksin Covid-19

Nasional

Ilmuan dorong pemerintah perhatian serius terhadap vaksin merah putih.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...