Premier League 2019-2020Brace Salah, Semakin Kokohkan Liverpool di Puncak Klasemen

14 Dec 2019 22:57 Liga Inggris

Dua gol Mohamed Salah mengantarkan Liverpool meraih kemenangan 2-0 atas tamunya Watford, pada laga Premier League pekan ke-17 di Stadion Anfield, Sabtu 14 Desember 2019. Salah kembali menjadi aktor unbeaten Liverpool hingga pekan ke-17.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, melakukan rotasi beberapa pemain di pertandingan tersebut. Bermain di depan publik sendiri, Liverpool langsung tancap gas sejak peluit babak pertama dibunyikan.

Meski langsung tampil menyerang, justru Watford yang lebih dahulu membuat gebrakan di 10 menit pertama. Troy Deeney nyaris membobol gawang Liverpool pada menit ke-8. Sayangnya kapten Watford itu gagal maksimalkan peluang matang tersebut.

Tak mau tinggal diam, Liverpool langsung melakukan serangan balik ke pertahanan Watford. Pada menit ke-23, kapten The Reds Jordan Henderson hampir saja mengoyak gawang Ben Foster dengan sundulan kepalanya meneruskan umpan Sadio Mane. Sayang, tandukannya masih jauh melambung di atas mistar gawang.

Gol pembuka bagi tuan rumah akhirnya datang pada menit ke-38. Memanfaatkan umpan terobosan dari Mane, Salah yang berlari cepat berhasil memperdaya bek Watford. Lolos dari kawalan, Salah langsung melepaskan tembakan melengkung dengan kaki kananya ke sisi kiri gawang Ben Foster. Skor 1-0 The Reds unggul. Gol tersebut juga menutup babak pertama.

Babak kedua baru berjalan tiga menit, Watford hampir saja menyamakan kedudukan. Sayang, tendangan dari Ismaila Sarr masih tepat di pelukan Alisson.

Liverpool sebenarnya berhasil memperlebar keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-50 dari sundulan kepala Mane. Sayang, wasit menganulir gol tersebut setelah teknologi VAR menunjukkan Mane sudah terjebak offside.

Anak asuh Jurgen Klopp akhirnya berhasil mengunci kemenangan pada menit ke-90. Lagi-lagi Mohamed Salah yang menjadi aktor kemenangan Liverpool. Diawali dari umpan manis Divock Origi, Salah yang berdiri bebas di samping gawang Watford, hanya butuh sentuhan kecil dengan kaki kiri luarnya untuk mengarahkan bola ke gawang yang sudah ditinggalkan Ben Foster. Skor bertambah menjadi 2-0 untuk The Reds. Gol itu sekaligus menjadi gol penutup pertandingan. 

Kemenangan atas Watford ini membuat Liverpool semakin kokoh di puncak klasemen sementara Premier League musim ini. Liverpool berhasil mengumpulkan 49 poin dari hasil 16 kemenangan, satu kali imbang dari 17 pertandingan. Terpaut sebelas poin dari peringkat kedua Leicester yang mengantongi 39 poin.

Sementara itu, Watford semakin terpuruk di dasar klasemen Liga Inggris dengan hanya memperoleh sembilan angka dari 17 pertandingan.

Susunan pemain:

Liverpool (4-2-3-1): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, James Milner; Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum/Robertson (59); Xherdan Shaqiri/Chamberlain (70), Roberto Firmino/Origi (88), Sadio Mane; Mohamed Salah

Manajer: Jurgen Klopp (Jerman)

Watford (4-2-3-1): Ben Foster; Adrian Mariappa, Craig Cathcart, Christian Kabasele, Kiko Femenia; Abdoulaye Doucoure/Quina (87), Etienne Capoue; Ismaila Sarr, Will Hughes, Gerard Deulofeu; Troy Deeney/Gray (75)

Manajer: Nigel Pearson (Inggris)

Penulis : Alief Sambogo
Editor : Rizal A


Bagikan artikel ini