Bank BNI di Hong Kong. (Dok.BNI)

Dukung Layanan Remitansi, BNI Libatkan Tekfin

BNI Peduli 19 July 2020 22:59 WIB
Bank BNI

Guna melayani transaksi remitansi atau pengiriman uang secara digital dari luar negeri oleh diaspora Indonesia, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk melibatkan perusahaan teknologi finansial (tekfin) di sejumlah negara.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Tresuri dan Internasional BNI Putrama Wahyu Setyawan di Jakarta, pada Minggu 19 Juli 2020. Menurutnya, kerja sama tersebut mendorong pertumbuhan transaksi remitansi Bank BUMN ini di Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) BNI.

Pihaknya mencatat transaksi remitansi BNI tumbuh di sejumlah negara, di antaranya di Taiwan, tumbuh 55,9 persen, Korea Selatan tumbuh 557,7 persen, Britania Raya dan Eropa mencapai 56,3 persen, serta Amerika Serikat mencapai 147,4 persen.

Menurutnya, fasilitas yang disiapkan BNI  mendukung upaya menekan pandemi Covid-19 karena diberikan secara digital tanpa harus keluar rumah sehingga mengurangi risiko terpapar virus. "Upaya ini merupakan komitmen kami untuk memberikan yang terbaik bagi lebih dari 700 ribu nasabah di luar negeri," kata Putrama.

Bank BUMN ini juga memiliki aplikasi layanan Mobile Remittance (MoRe) di Singapura yang mencatatkan pertumbuhan transaksi signifikan tahun ini. Pada semester I 2020, terdapat sekitar 30 ribu pengguna aplikasi BNI MoRe dengan total transaksi tumbuh 95,1 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

BNI berharap layanan remitansi digital tersebut mampu mendukung sekitar tujuh juta diaspora Indonesia di luar negeri untuk kebutuhan pengiriman uang.

Selain digitalisasi transaksi remitansi, KCLN juga berperan aktif membantu pembukaan rekening tabungan bagi diaspora Indonesia secara digital melalui e-form sekaligus membantu proses aktivasi BNI Mobile Banking di luar negeri.

Layanan ini, kata dia, akan lebih memudahkan transaksi untuk keperluan di Indonesia seperti membayar listrik, BPJS, pajak dan transaksi lainnya melalui BNI Mobile Banking.

Di dalam negeri, BNI juga memberikan fasilitas kepada nasabah retail terutama ekspatriat yang ingin melakukan kiriman uang ke luar negeri secara digital melalui fitur International Remittance pada aplikasi BNI Mobile Banking.

Per Juni 2020, transaksi International Remittance pada aplikasi BNI Mobile Banking telah mengalami pertumbuhan sebanyak 49,1 persen dibandingkan Juni 2019.

Sementara itu, layanan remitansi digital ini mendapat apresiasi Duta Besar Indonesia untuk Singapura Ngurah Swajaya karena membantu pekerja migran untuk mengirim uang secara digital kepada keluarga di Tanah Air.

"BNI MoRe merupakan salah satu sumbangsih nyata BNI di Singapura untuk membantu para pekerja migran Indonesia dalam melakukan kiriman uang secara digital ke keluarga di Indonesia dengan aman dan mudah," katanya. (Ant)

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Aug 2020 15:37 WIB

Klaim Surabaya Zona Hijau, Dewan: Risma Halu, Tak Sesuai Fakta

Surabaya

Dewan menilai Risma tak serius tangani covid-19 sejak awal.

03 Aug 2020 15:29 WIB

Presiden: Masyarakat Mulai Khawatir Terhadap Penanganan Covid-19

Nasional

Hal ini karena angka sebaran covid-19 terus meningkat dan semakin meninggi.

03 Aug 2020 15:08 WIB

Rilis Pemkot, Risma Sebut Surabaya Berubah Jadi Zona Hijau

Surabaya

Maka itu, Risma akan membuka blokir jalan Pondok Chandra-Rungkut.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...