Duka Cita dan Kenangan Para Tokoh Atas Meninggalnya Mbah Moen

06 Aug 2019 15:59 Nasional

Sejumlah tokoh mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya ulama karismatik KH Maimun Zubair atau akrab disapa Mbah Moen, Selasa 6 Agustus 2019. Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbelasungkawa atas wafatnya sang kiai. Ia menyebut masih menyimpan sorban warna hijau yang dikalungkan sendiri oleh almarhum ke leher Jokowi.

"Saya masih menyimpan sorban hijau ini -sorban yang dikalungkan sendiri oleh Kiai Haji Maimun Zubair," tulis Jokowi di Instagram @jokowi.

Mbah Moen memberikan Jokowi sorban hijau tersebut pada 13 April 2019. Saat itu, Jokowi bertemu dengan Mbah Moen dan Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya.Jokowi juga diberi tasbih oleh Habib Luthfi.

Hari ini Jokowi menyebut masyarakat Indonesia mendengar kabar duka, yakni wafatnya Mbah Moen. Jokowi menyebut umat Islam amat kehilangan sosok sang kiai.

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (BTP) menyampaikan belasungkawa melalui akun Twitter resmi @basuki_btp. "Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas wafatnya KH. Maimun Zubair atau lebih dikenal sebagai Mbah Moen di Mekah hari ini. Sungguh kehilangan yang sangat besar bagi bangsa Indonesia," tulis BTP.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga menyampaikan ucapan dukacita lewat Twitter pada hari ini, sekitar pukul 10.56 WIB. Ridwan Kamil mengunggah ucapan belasungkawa disertai foto-fotonya bersama Mbah Moen.

"Innalillahi wainnailaihi raji’un. Duka cita teramat dalam atas berpulangnya Ulama besar Indonesia, guru tercinta kita semua, KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen di Makkah. Semoga Allah SWT tempatkan beliau di tempat terbaik di sisiNYA. Dan semoga Husnul Khotimah. Aamiin," tulisnya.

Ucapan belasungkawa juga datang dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pada Selasa pukul 09.45 WIB. "Innalillahi wa innailaihi rajiuun. Indonesia kehilangan tokoh besar dan pemersatu bangsa. Ulama besar, sahabat yang luar biasa. Semoga Allah SWT menerima semua amal ibadah beliau," tulis Menteri Susi.

Ia juga mengunggah sejumlah foto saat Mbah Moen berkunjung ke rumah dinasnya di Jakarta. Kedua tokoh ini makan malam bersama sambil ngobrol. Selain itu, Mbah Moen juga pernah berkunjung ke Pangandaran, kampung halaman Menteri Susi.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga ikut menyampaikan dukacita lewat Twitter. Anies mengatakan, ia sungguh kehilangan sosok Mbah Moen. "Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Tertegun. Mbah Moen pulang. Yang Maha Penyayang memanggilnya pulang di Tanah Suci, jauh dari tanah lahir, dekat dengan jannah-Nya. Sungguh kehilangan besar bagi kita. Lahul fatihah. #ABW."