Duh Nyesek, Kartunis Jepang Onan Hiroshi Tertekan

28 Feb 2018 19:20

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Ini kabar terbaru kartunis Jepang Onan Hiroshi. Ia merasa dibungkam. Seperti apa?

Sejak kartun-kartunnya yang mengkritik Jokowi ngemis ke Cina agar diberi kereta cepat, nama Onan mendadak melambung. Dukungan dan cacian pun menghambur kepadanya. Ia akhirnya, minta maaf.

Sekarang, Onan mengambil hikmahnya. Seperti apa? "Ya, saya berpikir tentang keberadaan kartun saya, yang mendatangkan pertentangan dari berbagai negara dan berbagai agama. Karena itu saya tidak akan lagi menggunakan ekspresi nasionalisme, agama dan bendera suatu negara," janjinya, melalui twit di akunnya @hiroshionan hari ini.

Menurut Onan, bila sudah dikaitkan agama dan nasionalisme, kritik apapun akan salah dan tak ada jawaban.

Walau begitu ia menerima dengan senang hati dengan banyaknya serangan kepadanya serta memberinya kritik yang tajam. "Terima kasih telah memberitahuku dan aku mohon maaf kepada semua orang," katanya.

Di akun Twitternya ini, Onan lantas memposting karikatur lamanya yang ia buat tahun 2016 silam, soal Islam dan teroris. Menurutnya, Islam bukan teroris. Ajaran teroris itu keji. "Mereka (teroris) tidak memiliki belas kasihan, Islam tidak begitu, karena korbannya juga Islam, I understanded difference piece islamic/islamic terrorist," katanya.

Ia juga menulis ;

I'm very sorry for this matter.
Study shortage・emotional・infantile.
Hasty action.shake an intimate relationship between Indonesia and Japan.
I am deeply rethinking things over.
I'll see to it that it never happens again.
I am stop draw caricature.
I'm truly sorry...
Tukar ke Inggris

(Aku sangat lah menyesal atas masalah ini. Kekurangan pemahaman, emosional dan saya yang kekanak-kanakan.
Ini tindakan terburu-buru. Bisa menekan hubungan baik antara Indonesia dan Jepang. Saya memikirkan kembali hal itu.
Saya akan memastikan hal itu tidak akan pernah terjadi lagi. Aku akan berhenti menggambar karikatur. Aku benar-benar minta maaf.."

Onan juga posting dalam bahasa Jepang, tentang penyesalannya ini. Ia bahkan akan berhenti posting di twitter. Ia akan meninggalkan medsos.
Ini yang dia tulis:

この度は、私の軽率な行動で皆様に多大なご迷惑・お騒がせ・ご心配をおかけしてしまい誠に申し訳ありませんでした。謝罪の言葉もございません。
多方面からたくさんお叱りを受ける事と思います。現在、他に連絡窓口がないため、やはりツイッターだけは残しておこうと思います。こちらにお願いします。

(Maaf saya telah menyebabkan Anda banyak masalah, suara dan kekhawatiran untuk semua orang dengan perilaku saya saat ini. Tidak ada kata permintaan maaf.
Saya pikir Anda akan dimarahi banyak dari banyak arah. Saat ini, saya tidak memiliki contact point lain, jadi saya pikir saya hanya akan meninggalkan Twitter. Terima kasih.")

Hanya saja, banyak juga penggemar kartun-kartunnya di Indonesia yang akan kecewa. Posting-postingnya selalu ditunggu. Utamanya kartun-kartun politiknya. Seperti soal kereta cepat dan serbuan TKA China. Kalau ia benar akan menutup akun Twitternya, ya, sayang juga. (dmr)