Duel Sengit di Wanda Metropolitano, Juve Tahan Imbang Atletico

19 Sep 2019 06:45 Liga Champions

Duel sengit terjadi di laga perdana Grup D Liga Champions antara Atletico Madrid dengan Juventus. Pertandingan yang berlangsung di Wanda Metropolitano tersebut berakhir dengan kedudukan imbang 2-2.

Juve memimpin 2-0 terlebih dahulu melalui gol yang dicetak Juan Cuadrado (48') dan Blaise Matuidi (65'), sebelum Atletico membalas melalui gol sumbangan Stefan Savic (70') dan Herrera (90').

Juve langsung melancarkan serangan saat wasit memulai babak pertama. Gempuran pertama mereka langsung menghasilkan sepak pojok yang diambil Miralem Pjanic. Sayang umpannya belum bisa mencapai pemain Juventus.

Atletico Madrid berhasil keluar dari gempuran dan langsung membuat peluang di menit ke-11. Aksi solo Joao Felix diikuti oleh lima pemain bertahan Juventus. Ia melepaskan tembakan mendatar menggunakan kaki kanan yang berhasil ditepis oleh Wojciech Szczesny.

Pada menit ke-29, Joao Felix kembali menebar ancaman. Ia mendapat umpan dari Renan Lodi dan punya ruang untuk melepaskan tembakan. Namun, upayanya masih terlalu mudah untuk diatasi barisan belakang Juventus.

Selanjutnya, tidak banyak peluang berbahaya yang berhasil diciptakan oleh kedua tim. Atletico Madrid sendiri bermain cukup bertahan meski berstatus sebagai tuan rumah. Namun sejauh ini, mereka telah sukses menciptakan dua peluang.

Situasi tersebut bertahan sampai wasit memutuskan untuk mengakhiri babak pertama. Pertandingan masih menghasilkan kedudukan seri 0-0 sejauh ini.

Di babak kedua, Juventus langsung melakukan serangan balik saat babak kedua baru berjalan tiga menit. Gonzalo Higuain selaku inisiator melihat pergerakan Juan Cuadrado dan memberikan bola kepadanya. Cuadrado melepaskan tembakan yang gagal dijangkau Jan Oblak dan gol, 1-0 untuk Juventus.

Ketinggalan 0-1, membuat Atletico mengubah strategi dengan mulai melancarkan serangan. Namun Atletico bermain mulai terbuka. Juventus mendapat ruang lebih luas di pertahanan tuan rumah.

Hasilnya di menit ke-65, Juventus berhasil menambah keunggulan melalui Blaise Matuidi. Berawal dari serangan balik, Alex Sandro melepas umpan silang yang mengarah tepat ke kepala Matuidi. Jan Oblak pun tak bisa berbuat apa-apa untuk menahannya. Skor 2-0 untuk Juventus.

Atletico Madrid berhasil memperkecil kedudukan lima menit setelah gol Matuidi. Umpan dari tendangan bebas Jose Gimenez mengarah ke kotak penalti Juventus. Stefan Savic langsung menyambarnya dengan sundulan dari jarak dekat hingga tak mampu dihalau Szczesny. 2-1.

Di masa injury time, Los Rojiblancos berhasil menyamakan kedudukan. Berawal dari sepak pojok yang dieksekusi Kieran Trippier, Hector Herrera yang masuk pada babak kedua berhasil menyambar dengan sundulan. Szczesny gagal menghalau dan gol kedua Atletico pun datang. Skor imbang 2-2 hingga peluit panjang berakhirnya pertandingan babak kedua.

Berkat kemenangan ini, Juventus menduduki peringkat dua klasemen Grup D dengan raihan satu poin. Sementara Atletico Madrid, dengan koleksi angka yang sama, menempati posisi tiga.

Susunan Pemain

Atletico Madrid (4-4-2): Jan Oblak; Kieran Trippier, Stefan Savic, Jose Gimenez, Renan Lodi (Vitolo 76'); Koke, Saul Niguez, Thomas Partey (Hector Herrera 76'), Thomas Lemar (Angel Correa 60'); Joao Felix, Diego Costa.

Juventus (4-3-3): Wojciech Szczesny; Danilo, Leonardo Bonucci, Matthijs de Ligt, Alex Sandro; Sami Khedira (Rodrigo Bentancur 69'), Miralem Pjanic (Aaron Ramsey 87'), Blaise Matuidi; Juan Cuadrado, Gonzalo Higuain (Paulo Dybala 80'), Cristiano Ronaldo.