Stephanie Frappart, wasit perempuan di Liga Champions putra. (Foto: Twitter @UEFA)
Stephanie Frappart, wasit perempuan di Liga Champions putra. (Foto: Twitter @UEFA)

Duel Juventus Vs Dynamo Kyiv Dipimpin Wasit Stephanie Frappart

Ngopibareng.id Liga Champions 03 December 2020 06:17 WIB

Juventus lolos di babak ke-16 besar Liga Champions 2020/2021. Juventus menempati urutan kedua Grup G dengan 9 poin dari empat pertandingan. Kemenangan terbaru Juventus kontra Dynamo Kyiv, pada Kamis 3 Desember 2020 dini hari WIB. Si Nyonya Tua unggul 8 poin dari Dynamo Kyiv dan tiga poin di belakang Barcelona. 

Laga Juventus vs Dynamo Kyiv menciptakan sejarah baru. Untuk pertama kalinya ada wasit perempuan yang memimpin di Liga Champions, yakni Stephanie Frappart. Sepanjang sejarah Liga Champions belum pernah ada perempuan yang menjadi wasit utama. Sejarah ini akan dipecahkan oleh Stephanie Frappart.

Wasit kelahiran 14 Desember 1983 itu juga tercatat sebagai perempuan pertama yang memimpin pertandingan akbar sepak bola pria di kompetisi antar klub Eropa (UEFA) saat menjadi wasit di Piala Super Eropa antara Liverpool melawan Chelsea di Istambul 2019.

Perempuan asal Prancis sudah menjadi wasit sejak 2011 ketika memimpin pertandingan di Championnat National. Karir Stephanie Frappart terus menanjak sejak saat itu. Pada 2014, Stephanie Frappart sudah memimpin divisi tiga sepak bola pria di Prancis. Ia kemudian menjadi perempuan pertama yang memimpin di Ligue 2.

FIFA kemudian mempercayakan Stephanie Frappart ikut menjadi wasit di Piala Dunia Wanita 2019 antara Amerika Serikat dan Belanda. Di ajang bergengsi itu ia berkesempatan memimpin partai final antara Amerika Serikat melawan Belanda.

Sejak April 2019, Stephanie Frappart juga dipercaya menjadi wasit perempuan pertama yang mengadili pertandingan Ligue 1. Debutnya terjadi pada 28 April 2019 di laga Amiens vs Strasbourg.

Sebelum ini, ada perempuan asal Swiss, Nicole Petingnat, wasit perempuan yang memimpin tiga laga Piala UEFA pada periode 2004-2009, walaupun itu terjadi di partai-partai fase kualifikasi.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

17 Jan 2021 19:37 WIB

Vaksin Sinovac Jangan Dilihat Asalnya tapi Manfaatnya

Nasional

Profesor Farmasi UGM: Tetap ada risiko tapi tak bahaya

17 Jan 2021 19:30 WIB

Sinopsis Patriots Day: Kasus Bom Maraton Boston

Film

Bioskop Trans TV akan menayangkan film Patriots Day.

17 Jan 2021 19:15 WIB

Sejumlah Kafe di Kota Malang Alami Penurunan Omzet saat PPKM

Ekonomi dan Bisnis

Penurunan omzet itu disebabkan karena sepi pengunjung.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...