Ansu Fati pencetak gol saat lawan Real Madrid dalam lanjutan Liga Spanyol pekan ke-7. (Foto: AP Photo)

Duel El Clasico, Barcelona Dipermalukan Madrid 1-3

24 Oct 2020 23:25

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Barcelona tumbang saat menjamu sang rival dan juara bertahan Real Madrid pada pekan ke-7 La Liga 2020/21, Sabtu, 24 Oktober 2020. Partai bertajuk El Clasico di Camp Nou ini berkesudahan 1-3.

Madrid unggul lewat gol Federico Valverde di menit ke-5. Barcelona langsung membalas melalui gol Ansu Fati di menit 8. Madrid kembali memimpin lewat penalti Sergio Ramos menit 63, yang diberikan setelah wasit melihat VAR. Pemain pengganti Luka Modric menegaskan kemenangan Los Blancos di menit 90.

Melihat performa, Barcelona, yang sebelumnya mengalahkan Frencvaros 5-1 di Liga Champions, sejatinya lebih diunggulkan. Namun, Madrid, yang sebelumnya berturut-turut dikalahkan Cadiz 0-1 dan Shakhtar Donetsk 2-3, justru mampu menekuk Barcelona di kandang sendiri.

Madrid mengawali laga dengan memuaskan. Gol kilat dicetak Madrid berkat visi brilian Karim Benzema. Striker Prancis itu melihat celah di antara Gerard Pique dan Clement Lenglet, kemudian melepas operan terobosan manis yang diburu oleh Valverde. Valverde menaklukkan Neto, dan 1-0 untuk Madrid.

Namun, euforia Madrid tak bertahan lama. Hanya tiga menit berselang, diawali aksi bek kiri Jordi Alba yang mendobrak perangkap offside Madrid, crossing rendah kemudian dikirim ke jantung pertahanan. Fati menuntaskannya tanpa kesalahan. Thibaut Courtois tak berdaya. Barcelona 1, Madrid 1.

Skor imbang itu bertahan hingga habis babak pertama. Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, perlu menginspirasi pasukannya untuk tampil lebih baik di babak kedua. Jika tidak, rekor apik Zinedine Zidane di El Clasico akan semakin bersinar. Sebelum ini, Zidane baru pernah kalah dua kali dalam sembilan El Clasico di semua kompetisi sebagai pelatih Madrid. Di bahkan menang dua kali di Camp Nou.

Di babak kedua, Barcelona ternyata masih kesulitan mengancam gawang Madrid. Upaya-upaya Lionel Messi hingga Philippe Coutinho tak kunjung membuahkan hasil.

Di menit 60, pukulan itu kembali datang. Lenglet menarik jersey Ramos, dan ramos jatuh. Wasit melihat monitor VAR, dan akhirnya memberi Madrid hadiah penalti.

Ramos maju sebagai algojo. Bek sentral dan kapten Madrid itu melakukan tugasnya dengan baik. Madrid pun memimpin 2-1 di markas sang rival.

Hingga menit 80-an, Barcelona masih tetap tertinggal. Koeman lalu melakukan sederet pergantian. Antoine Griezmann, Trincao, Ousmane Dembele, hingga Martin Braithwaite dia masukkan untuk menambah daya dobrak timnya.

Yang terjadi, justru Madrid yang mencetak gol ketiga. Modric, yang sebelumnya masuk menggantikan Valverde di menit 69, mengakhiri perlawanan Barcelona dengan golnya di menit 90.

Barcelona (4-2-3-1): Neto; Sergino Dest, Gerard Pique, Clement Lenglet (kuning 29), Jordi Alba (kuning 62) (Martin Braithwaite 87); Sergio Busquets (Ousmane Dembele 82), Frenkie de Jong; Pedri (Trincao 82), Philippe Coutinho, Ansu Fati (Antoine Griezmann 82); Lionel Messi (kuning 90+1). Pelatih: Ronald Koeman.

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Nacho (kuning 37) (Lucas Vazquez 43), Raphael Varane, Sergio Ramos, Ferland Mendy; Federico Valverde (Luka Modric 69), Casemiro (kuning 19), Toni Kroos; Marco Asensio (Rodrygo 81), Karim Benzema, Vinicius Junior. Pelatih: Zinedine Zidane.