Jubir Satgas Covid-19 Pemkot Malang, Husnul Mu'arif, saat ditemui di Lapangan Rampal, Kota Malang, Jawa Timur. (Foto: Lalu Theo/Ngopibareng.id)

Pasien Covid Baru di Malang Gara-gara Isolasi Mandiri di Rumah

Jawa Timur 01 June 2020 14:04 WIB

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mengkonfirmasi tiga tambahan pasien Covid-19 di daerahnya. Dari tiga tambahan tersebut diketahui dua pasien diantaranya terjangkit Covid-19 dari sang istri yang lebih dulu terkonfirmasi positif Covid-19.

"Satu orang kontak erat dengan pasien konfirm positif yang masih dirawat merupakan istrinya, satu orang kontak erat dengan pasien positif merupakan istrinya, tapi sudah meninggal dan satu orang merupakan PDP sebelumnya di rumah sakit (RS)," terang Kabag Humas Pemkot Malang, Nur Widianto pada Senin 1 Juni 2020.

Terkait dua pasien yang tertular dari istrinya, lebih lanjut diterangkan oleh Jubir Satgas Covid-19 Kota Malang, Husnul Mu'arif. Menurutnya, dua pasien tersebut sempat kontak erat dengan istrinya masing-masing ketika menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Karena kontak erat kondisi imunitasnya menurun. Sehingga ketika di swab hasilnya positif Covid-19," tuturnya.

Husnul menjelaskan, faktor yang menyebabkan penularan itu adalah kondisi rumah yang belum memenuhi syarat sebagai rumah sehat. Sehingga menyebabkan intensitas kontak erat pasien dengan anggota keluarganya masih tinggi. Ada juga kemungkinan peralatan makan dan pakaian yang dikenakan si pasien Covid-19 sempat tercampur dengan anggota keluarga lain.

"Dari luas rumah, luas kamar, dan rasio antara jumlah org sama dengan luas kamar belum memenuhi syarat. Jadi setiap hari kontak, kemudian tidak bisa physical distancing dengan sempurna," ujarnya.

Belajar dari kasus tersebut, Husnul mengatakan, jika ada pasien konfirm positif Covid-19 yang harus menjalani isolasi mandiri di rumah, maka kediamannya terlebih dahulu harus disurvei apakah sudah sesuai dengan standar rumah sehat.

"Isolasi mandiri di rumah, kami cek rumahnya apakah memenuhi syarat. Jika tidak memenuhi syarat ini kami evakuasi," terangnya.

Bagi pasien Covid-19 yang rumahnya tidak memenuhi syarat untuk menjalankan isolasi mandiri maka akan dipindahkan ke RS rujukan atau di RSUD Kedungkandang, Kota Malang yang di sana sudah tersedia puluhan kamar isolasi.

Dengan adanya tambahan tiga pasien tersebut total jumlah pasien Covid-19 di Kota Malang sebanyak 50 orang dengan rincian, 31 orang masih dirawat, 17 orang pasien dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan 2 orang dinyatakan sudah meninggal dunia.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

13 Jul 2020 09:36 WIB

Ronaldo Berpeluang Lewati Lewandowski di Perburuan Sepatu Emas

Liga Italy

Karena dia masih bermain di Serie A dan Liga Champions

13 Jul 2020 09:26 WIB

5 Fakta Artis HH Diciduk Polisi Terkait Dugaan Prostitusi Artis

Kriminalitas

Seorang artis FTV berinisial HH diduga terkait prostitusi artis.

13 Jul 2020 09:21 WIB

Surabaya Istimewa

Arif Afandi

Perang melawan Covid-19 hanya akan bisa sukses bila semua berjuang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...