Poster acara Tablig Akbar Ustadz Abdul Somad di Kudus, Selasa 8 Oktober 2019. Tapi acara tersebut dibatalkan oleh pihak panitia.

Dua Kali Tablig Akbar UAS di Kudus Dibatalkan

Nasional 08 October 2019 09:59 WIB

Ustadz Abdul Somad (UAS) rencananya akan mengisi tablig akbar di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, malam nanti, Selasa 8 Oktober 2019. Namun rencana itu dibatalkan mendadak oleh panitia dengan alasan 'demi kemaslahatan bersama'.

"Ya, beliau (UAS) hadir kunjungan saja, tapi tablig akbar ditiadakan. Demi kemaslahatan bersama," kata Pengasuh Ponpes Al Achsaniyyah Kudus, KH Moh Faiq Afthoni.

Dari poster yang terpajang maupun yang tersebar di media sosial, UAS akan mengisi tablig akbar dengan tema 'Urip Iku Urup'. Acara rencananya digelar di Pondok Pesantren Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Al Achsaniyyah, Jalan Mayor Kusmanto, Desa Pedawang, Kecamatan Bae, Kudus.

Meski begitu, Faiq Afthoni memastikan UAS tetap akan hadir di pondok pesantrennya. Namun, UAS datang hanya untuk berkunjung dan meletakan batu pertama pembangunan ruang keterampilan anak-anak di ponpes tersebut.

Pihak panitia, lanjut Faiq Afthoni, juga telah memberitahu UAS terkait batalnya agenda tablig akbar.

"Sudah (diberitahu) semua. Memang sebenarnya tujuan utama adalah kunjungan. Karena saudara beliau sebagai santri Achsaniyyah (Ponpes Al Achsaniyah) asal Pekanbaru," terang dia.

Selain itu, Faiq Afthoni dan UAS ternyata satu alumni saat menempuh pendidikan di Kairo.
"Kami juga satu alumni Kairo (Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir)," sambungnya.

Sesuai rencana, Plt Bupati Kudus HM Hartopo, Kapolres Kudus AKBP Saptono, hingga Dandim 0722/Kudus Letkol Arm Irwansyah akan ikut hadir dalam acara itu.

Batalnya tablig akbar di Kudus kali ini merupakan kali kedua untuk UAS. Sebelumnya UAS juga batal menggelar ceramah di Kudus pada tahun lalu.

Polres Kudus juga membenarkan adanya pembatalan agenda tablig ulama kenamaan asal Riau tersebut. Kapolres Kudus, AKBP Saptono, mengaku telah mendapatkan pemberitahuan pembatalan tersebut.

"Sudah diberikan surat untuk pembatalan acara tersebut," ujarnya.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jul 2020 09:23 WIB

Begini Panduan Evakuasi Gempa di Tengah Pandemi Covid-19

Reportase

BMKG merilis panduan evakuasi gempa saat covid-19

03 Jul 2020 18:25 WIB

Alhamdulillah, Puji Tuhan, Program Kartu Pra Kerja Dihentikan

Nasional

Dievaluasi dan diperbaiki dengan melibatkan banyak pihak termasuk KPK.

02 Jul 2020 22:30 WIB

Tiga Jalan Ditutup, Pemkot Perketat Pemantauan Kepatuhan Warga

Surabaya

Pemkot akan terjunkan tim satpol dalam pemantauan warga.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...