Brad Binder. (Foto: Twitter/@BradBinder_41)

Dua Balapan di Trek yang Sama, Antara Berkah dan Kutukan

MotoGP 04 July 2020 09:30 WIB

Roookie MotoGP Brad Binder berbicara soal balapan yang berlangsung dua kali di trek yang sama saat MotoGP digelar di tengah pandemi Covid-19. Pembalap anyar KTM ini meyakini bisa menjadi berkah sekaligus kutukan di waktu yang sama.

Seperti diketahui, banyak balapan MotoGP musim ini yang tertunda dan dibatalkan akibat pandemi Covid-19. Dari 20 seri pada kalender awal, ada delapan balapan yang sudah pasti dibatalkan, terakhir MotoGP Jepang.

Sementara sembilan balapan lainnya masih sesuai jadwal, termasuk empat balapan di luar Eropa. Dengan kondisi seperti ini, Dorna terpaksa memutuskan untuk mengubah jadwal secara keseluruhan dengan mengutamakan balapan di Eropa.

Maka itu, Dorna memasukkan lima balapan baru di Benua Biru, yakni Andalusia (Jerez), Styria (Spielberg, Austria), Emilia Romagna (Misano), Teruel (Aragon), dan Eropa (Valencia). Grand Prix Spanyol di sirkuit Jerez pada 19 Juli 2020 akan menjadi seri pembuka.

Sepekan kemudian, para pembalap dipastikan tak beranjak dari Jerez, karena balapan berikutnya, GP Andalusia, digelar di tempat yang sama. Setelah itu, mereka akan menuju sirkuit Masaryk, Republik Ceko.

Selepas itu, balapan ganda di tempat yang sama akan kembali dijalani para pembalap di GP Austria dan GP Styria. Keduanya berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring.

Mengenai hal ini, pembalap asal Afrika Selatan itu mengatakan, balapan dua kali di trek yang sama dalam waktu yang berdekatan bisa member keuntungan dan kerugian bagi pembalap anyar seperti dirinya.

"Luar biasa bisa mendapatkan kesempatan kedua di jalur yang sama dan pada dasarnya mengulang semuanya. Dari FP1, Anda sudah memiliki referensi yang sangat bagus,” kata pembalap berusia 24 tahun itu dikutip dari Crash.

"Tapi selalu menyenangkan untuk pergi ke trek, memberikan semua milikmu dan kemudian pada hari Senin kamu agak mengatur ulang dan melanjutkan ke tantangan berikutnya.”

"Saya juga berpikir itu akan memberi kesempatan bagi semua orang untuk benar-benar meningkatkan level mereka di lintasan, khususnya di balapan kedua. Semua akan tergantung dari persiapan masing-masing pembalap, dan saya pikir itu akan membuat segalanya lebih ketat dan menantang,” papar Binder.

Bagi Binder, balapan ini akan menjadi sesuatu yang baru bagi semua pembalap. Sementara Binder sendiri merasa diuntungkan karena ia bisa mendapatkan waktu ekstra di trek tersebut.

Dengan balapan ganda di tempat yang sama ini, Binder yang berstatus debutan merasa memiliki dua musim rookie di kelas utama.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Aug 2020 22:45 WIB

Sanchez Sindir MU Setelah Dipermanenkan Inter Milan

Liga Italy

Alexis Sanchez merasa diterima dengan baik sejak awal di Inter

07 Aug 2020 22:25 WIB

Ganjar Lantik Sejumlah Pejabat Secara Virtual

Nusantara

Pelantikan dilakukan di tengah pandemi.

07 Aug 2020 22:11 WIB

Tempe H Farkhan Sejak 1969, Harganya Pernah 1 Ringgit di Jombang

Feature

Usaha tempe berusia 51 tahun di Jombang, Jawa Timur.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...