Ketua Tanfidziah PBNU Robikin Emhas di Jakarta. (Foto: Istimewa)

Dua Alasan Penting Bermasyarakat, PBNU Jawab soal Ucapan Natal

Nasional 25 December 2019 03:25 WIB

Ketua Tanfidziah PBNU Robikin Emhas mengingatkan pentingnya mengedepankan prinsip kebhinekaan terkait ucapan Natal. Selain itu, prinsip toleransi telah menjadi bagian penting dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia.

"Dua hal perlu ditekankan. Pertama soal prinsip kebhinekaan. Dalam konsep kebhinekaan yang menjadi pilar kebangsaan kita, kemajemukan dalam masyarakat justru adalah sumber kekuatan utama bangsa Indonesia. Ini dulu frame dasar yang harus kita insyafi," tuturnya, menjawab pertanyaan sejumlah media tentang ucapan Natal, termasuk pada ngopibareng.id, Selasa 24 Desember 2019.

Kedua, menurut Robikin, terkait prinsip toleransi. Hidup di tengah masyarakat yang majemuk mensyaratkan pentingnya sikap lemah lembut, berlaku baik, saling menghormati, saling menghargai.

"Sikap yang mengedepankan pendekatan kemanusiaan semacam ini kemudian yang dikonsepsikan sebagai sikap toleransi," kata Staf Khusus Wapres Ma'ruf Amin ini.

"Kalau kita belajar sejarah mengenai akar kebudayaan bangsa kita, saya bisa katakan toleransi merupakan bagian inheren dalam jati diri bangsa Indonesia. Kehidupannya ada dalam jiwa Bhinneka Tunggal Ika. Berpuluh bahkan beratus tahun sebelum Indonesia merdeka, bangsa kita sudah beragam suku, budaya, dan agamanya. Tetapi para leluhur kita bisa hidup rukun, damai, dan saling welas asih sebagai sesama anak bangsa," kata Robikin Emhas.

Kenapa sikap toleran demikian terpatri dalam jati diri bangsa Indonesia? Menurutnya, kita harus tahu, toleransi sesungguhnya juga bagian inheren dari ajaran agama kita. Islam mengenal konsep tasamuh yang juga sering diterjemahkan sebagai sikap toleransi.

"Secara umum sebagai sebuah ajaran, sikap toleran itu ada penjelasannya. Ada petunjuk-petunjuknya. Dalam hidup bermasyarakat orang harus sama-sama berlaku baik, lemah lembut, saling pemaaf, menghargai, dan seterusnya. Tetapi bagaimana berlaku baik itu, bagaimana bersikap lemah lembut itu, agama 'kan memberikan panduannya," tutur Robikin, menegaskan.

"Nah, dari sini saya ingin masuk ke pertanyaan seputar Natal," katanya.

Begini, prinsip umum yang tidak boleh dilangkahi dalam menerapkan prinsip toleransi saya kira jelas. Lakum diinukum wa liya diin. Bagi kalian agama kalian, bagi kami agama kami. Kalau sudah menyangkut akidah tidak boleh kita pertukarkan.

Soal ini ada cerita begini. Dulu suatu ketika, beberapa orang kafir Quraisy menemui Nabi. Mereka menawarkan ide untuk saling bertoleransi kepada Nabi. Mereka berkata, "Wahai Muhammad, bagaimana jika kami beribadah kepada Tuhanmu, dan kalian juga beribadah kepada Tuhan kami. Kita bertoleransi dalam segala permasalahan agama kita. Apabila ada sebagaian dari ajaran agamamu yang lebih baik dari tuntunan agama kami, maka kami akan amalkan hal itu. Sebaliknya, apabila ada dari ajaran kami yang lebih baik dari tuntunan agamamu, engkau juga harus mengamalkannya." Maka turunlah ayat, “Qul yaa ayyuhal kaafiruun. Laa a’budu maa ta’buduun” dan seterusnya.

Jadi, toleransi itu dimensinya ukhuwah basyariyah, persaudaraan kemanusiaan. Bukan ranah teologis. Kita cukup dengan menghargai apa yang umat agama lain lakukan dengan membiarkannya dan tidak berbuat keributan. Biarkanlah mereka lakukan apa yang mereka yakini, sedang kita fokus pada apa yang kita yakini. Itu intinya.

Terkait ucapan Natal, ulama-ulama kita memiliki beberapa pendapat. Ada yang melarang karena khawatir mengganggu akidah, ada yang membolehkan dengan pengertian ucapan natal sebagai bagian dari kesadaran bermuamalah.

"Sekadar hormat kepada kawan atau berempati kepada sesama warga bangsa, itu dimensinya ukhuwah wathaniyah. Kalau dalam dimensi itu, menyampaikan ucapan natal saya kira tidak mengganggu akidah kita," kata Robikin.

Dalam konteks ini, "Saya setuju pendapat ulama asal Mesir Syekh Yusuf Qaradhawi. Pendapat beliau, boleh atau tidaknya ucapan selamat natal dari Muslim kepada Nasrani itu dikembalikan kepada niatnya. Kalau berniat hanya untuk menghormati atau berempati kepada teman yang nasrani, maka tidak masalah. Indonesia kita ini kan negara majemuk. Apalagi ucapan natal itu dimaksudkan sebagai ungkapan kegembiraan atas kelahiran Nabi Isa a.s. sebagai rasul."

"Nah, dengan panduan dan batasan seperti itu, apakah momentum natal bisa menjadi ajang untuk mempererat dan mengikat kembali tali kebangsaan kita? Saya jawab pasti. Akan tetapi tentu tidak sebatas ucapan selamat natal ya.
"Saya lebih setuju dan mengimbau kepada kita semua, jauh lebih bernilai sebenarnya apabila ada kemauan bersama diantara para pemeluk agama yang berbeda untuk membuka ruang dialog antar umat. Ruang-ruang dialogis seperti ini saya kira penting untuk terus menguatkan tali persatuan kita. Meskipun berbeda keyakinan, bukankah kita tetap bersaudara dalam kemanusiaan."

Demikian penjelasan Robikin Emhas, Ketua PBNU.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

27 Mar 2020 07:21 WIB

PBNU: Perawat dan Dokter Garda Terdepan Penangggulangan Covid-19

Nasional

Aktifkan penyemprotan disinfektan di pesantren, masjid/mushala, sekolah

25 Mar 2020 20:33 WIB

Dukacita Kiai Said: Ujian Berat Presiden di Masa Pandemi Corona

Tokoh

Semoga almarhumah husnul khatimah

22 Mar 2020 18:08 WIB

Ketua PBNU: Kepanikan Rugikan Diri Sendiri dan Orang Lain

Nasional

Banyak cara bisa dilakukan untuk menyampaikan pesan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.