Dua Action Camera 4K Terbaik Ini Sudah Dijual di Indonesia

02 Mar 2017 15:37 ngopiPRODUK

Membuat video tentang aktivitas liburan telah menjadi tren baru di Indonesia. Sayangnya tidak semua kamera mampu untuk menghasilkan video aksi dengan kualitas yang bagus. Biasanya video yang masuk dalam kriteria kualitas bagus adalah yang memiliki resolusi 4K. Oleh karena itu, saat ini action camera beresolusi 4K banyak dicari di Indonesia.

Kalau Anda adalah salah satu dari mereka, kini sudah ada dua action camera 4K terbaik yang sudah mulai dijual di Indonesia.

1. GoPro Hero 5 Black

Pada September 2016 lalu, GoPro, perusahaan yang khusus menggarap action camera ini telah resmi merilis produk terbarunya, GoPro Hero 5 Black.

Pada saat peluncurannya yang disiarkan secara Live Streaming Youtube (16/9/2016), Nick Woodman selaku CEO GoPro mengatakan, "GoPro Hero 5 Black dan GoPro Hero 5 Session adalah action camera terbaik yang pernah diciptakan oleh GoPro".

Pernyataan dari CEO GoPro tersebut memang benar adanya. Pasalnya, GoPro Hero 5 Black telah dibekali dengan fitur Electronic Image Stabilization. Dimana fitur ini bisa membuat GoPo Hero 5 Black memiliki stabilisasi tangkapan video yang bagus. Tentu, fitur ini adalah solusi bagi masalah shake gambar video yang sering terjadi ketika merekam sambil berjalan.

Selain itu, GoPro Hero 5 Black memiliki sensor kamera 12MP dan mampu untuk mengambil video dengan resolusi 4K, LCD touch screen berukuran 2 inci, waterproof hingga kedalaman 33ft atau 10m, fitur voice control untuk mengambil foto dan video, GPS, dan video WDR (Wide Dinamic Range). Perlu diketahui, semua fitur ini adalah fitur yang Anda butuhkan untuk mengambadikan momen liburan.

Berdasarkan penelusuran kami pada beberapa  toko online di Indonesia, saat ini mereka sudah mulai menjual GoPro Hero 5 Black dengan harga sekitar Rp 5,5 jutaan. Sebagai tambahan informasi, GoPro Hero 5 Session adalah versi murahnya GoPro Hero 5 Black. GoPro Hero 5 tidak memiliki LCD dan ukurannya lebih kecil. Harga GoPro Hero 5 Session di Indonesia yaitu berkisar Rp 4,3 jutaan.

 

2. Xiaomi Yi 4K

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa action camera yang paling diminati adalah Xiaomi Yi. Action camera ini banyak diminati karena memiliki spesifikasi yang tinggi dan harganya yang lebih murah dibandingkan action camera lain di kelasnya.

Namun, nampaknya Xiaomi belum puas. Pada pertengahan tahun 2016 lalu, Perusahaan teknologi asal China ini merilis action camera Xiaomi Yi generasi kedua.

Namanya Xiaomi Yi 4K. Action camera ini dapat menghasilkan video beresolusi 4K pada kecepatan 30 FPS (frame per second). Sensor kamera yang digunakan yaitu Sony IMX377 12MP.

Xiaomi Yi 4K dibekali dengan kapasitas baterai 1400 mAh. Kapasitas baterai sebesar ini mampu mengambil video 4K selama dua jam non-stop . Sebagai gambaran, rata-rata action camera lainnya hanya mampu mengambil video nonstop berdurasi 1 jam saja.

Fitur lain yang tak kalah penting adalah pada stabilisasi video yang dihasilkan. Sama seperti GoPro Hero 5 Black, Xiaomi Yi 4K telah dibekali dengan Electronic Image Stabilization. Jika dibandingkan dengan GoPro Hero 4 Black yang belum memiliki fitur stabilisasi ini, jelas Xiaomi Yi 4K lebih unggul. Jadi, Xiaomi Yi 4K lebih cocok dipakai untuk liburan. 

Di Indonesia, Xiaomi Yi 4K dijual dengan harga sekitar Rp 3,2 jutaan. Tersedia tiga pilihan warna, yaitu Black, White, dan Rose Gold.

 

Nah itu tadi dua action camera 4K terbaik yang sudah mulai dijual di Indonesia. Bagaimana pendapat Anda tentang dua action camera ini? Silahkan tulis di kolom komentar.